Gempa 7 SR Guncang Peru, Berpotensi Tsunami

Pantai di Peru.
Sumber :
  • REUTERS/Enrique Castro-Mendivil

VIVAnews – Gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang tepi selatan pantai Peru. Gempa terjadi 80 kilometer dari kota Acari dengan titik kedalaman 33 kilometer.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Getaran gempa juga dirasakan hingga ke ibu kota Peru, Lima. Gedung-gedung tinggi di sana dilaporkan ikut bergoyang walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat gempa, yakni 480 kilometer.

Belum diketahui apakah ada korban luka atau tewas hingga berita ini diturunkan. Russia Today, Rabu 25 September 2013, melansir bahwa US Geological Survey sebelumnya menyebut kekuatan gempa itu 6,8 SR. Menurut badan itu, gempa semacam ini diprediksi akan menimbulkan gelombang tsunami.

“Gempa dengan ukuran sebesar ini kadang dapat menciptakan gelombang tsunami lokal yang dapat menghancurkan tepi pantai di sepanjang 100 kilometer titik pusat gempa,” ujar Badan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dalam sebuah pernyataannya.

Oleh sebab itu mereka meminta agar Pemerintah Peru mengambil tindakan sesuai secepatnya. Kendati belum ada korban yang dilaporkan, namun gempa mengakibatkan rumah-rumah di Provinsi Caraveli di daerah Arequipa hancur.

“Rumah-rumah ambruk, dinding roboh, khususnya yang terbuat dari batu bata. Namun belum ada laporan korban jiwa,” kata Wali Kota Santiago Neyra kepada stasiun Radio Programas del Peru (RPP). Sebuah bukit dilaporkan oleh penduduk setempat longsor pasca terjadinya gempa. Longsoran bukit itu menghalangi jalan tol di sana.

Gempa bumi besar di Peru merupakan sesuatu yang cukup sering terjadi. Ini karena Peru terletak di antara dua lempengan tektonik. Salah satu gempa terburuk di negeri itu terjadi tahun 2007. Saat itu gempa bumi berkekuatan 8 SR mengguncang tepi pantai Pisco. Sedikitnya 595 warga tewas dan 3.000 lebih terluka.

Peringatan gelombang tsunami akibat gempa 7 SR di Peru juga terjadi hingga sepanjang pantai Hawaii.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,7 SR juga baru mengguncang Pakistan. Akibat gempa itu, korban tewas yang awalnya mencapai 208 orang kini meroket menjadi 327 dan melukai 350 orang. Bahkan akibat gempa itu, sebuah pulau muncul dari laut.

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024