Eks Tim Elite AS Saling Klaim sebagai Pembunuh Osama

Presiden AS Barack Obama mengikuti jalannya operasi penangkapan Osama, 2011.
Sumber :
  • REUTERS/Pete Souza
VIVAnews
Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke
- Siapa yang membunuh pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden di Abbottabad pada 2 Mei 2011? Pertanyaa ini menimbulkan perdebatan setelah seorang mantan anggota Navy Seal, Seal Robert O`Neill mengklaim dialah orang yang membunuh Osama, Kamis 6 November 2014.

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

BBC
Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
dalam laporannya, Kamis malam, menyebut pengakuan Robert bertolak belakang dengan pengakuan Matt Bissonnette, anggota Navy Seal lainnya yang terlibat dalam operasi penggerebekan Osama di Pakistan, dalam bukunya yang diterbitkan pada 2012.

Robert yang pensiun dari tim elite Amerika Serikat itu pada 2012, sebelumnya membuat pengakuan pada majalah
Esquire
dengan nama yang dirahasiakan, bahwa dialah adalah orang yang mengeluarkan tembakan dan mengakibatkan tewasnya Osama.


Dia dijadwalkan untuk mengungkap identitasnya para wawancara di televisi, November ini. Tapi kemudian sebuah situs merilis namanya sebagai protes atas keputusannya untuk tampil di televisi.


Robert mengatakan bahwa dia dan beberapa anggota tim operasi yang identitasnya masih dirahasiakan, memanjat ke lantai tiga rumah persembunyian dan melihat Osama menjulurkan kepalanya keluar pintu salah satu kamar.


Seorang penembak jitu dalam tim kemudian menembak Osama tapi meleset. Beberapa saat kemudian Robert masuk ke dalam ruangan dan membunuh Osama dengan tembakan di kepala. Tapi cerita berbeda diungkap dalam buku berjudul "No Easy Day."


Bissonnette, Kamis, mengklaim bahwa penembak jitu itulah--yang disebut Robert meleset-- yang membunuh Osama. "Dua orang berbeda menceritakan dua pengakuan berbeda untuk dua alasan. Apapun yang dia katakan, saya tidak mau menyinggung itu," ucapnya.


Bissonnette dijadwalkan tampil dalam program CBS
60 Minutes
, jelang peluncuran buku keduanya "No Hero" yang menceritakan pengalamannya bersama Navy Seal. Sementara, dia juga tengah diselidiki karena dugaan membocorkan informasi rahasia tentang operasi penangkapan Osama.


Para pejabat Pentagon tidak mau membenarkan atau membantah pengakuan Robert. Tapi seorang pemimpin operasi khusus mengirimkan sebuah surat pada semua anggota Navy Seal, pekan lalu, meminta mereka mematuhi kode etik untuk tidak membocorkan informasi operasi.


Termasuk untuk tidak berusaha mencari popularitas dan mencari keuntungan finansial. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya