Lukisan Cat Air Hitler Akan Dilelang

Lukisan cat air "Balai Kota Tua" karya Adolf Hitler
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Sebuah lukisan cat air berusia 100 tahun yang dibuat Adolf Hitler, sebelum dirinya menjadi pemimpin Nazi, akan ditawarkan dengan harga jual diyakini paling murah mencapai £40.000 atau sekitar Rp 780 juta, dalam acara lelang akhir pekan ini.

Dilansir Daily Mail, Jumat 21 November, lukisan balai kota Munich yang akan dilelang itu dibuat pada 1914, saat Hitler masih berjuang mencari nafkah dengan menjadi seorang pelukis, selama hampir dua dekade sebelum menjadi pemimpin Nazi.

Tidak kurang dari 2.000 lukisan dibuat Hitler, dan tidak banyak diketahui keberadaannya. Lukisan berjudul "Balai Kota Tua" yang akan dilelang itu, dijual oleh sepasang perempuan kakak beradik. Kakek mereka membeli lukisan itu pada 1916.

Direktur rumah lelang Nuremberg, Kathrin Weidler, mengatakan lukisan itu telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia, yang sebagian ingin melihatnya karena penasaran atau ingin menjadikannya investasi.

Weidler menyebut nilai dari lukisan itu cukup tinggi, dengan adanya tandatangan asli Hitler di pojok kirii bawah lukisan. Ditambah lagi dengan adanya kwitansi asli, serta surat yang ditandatangani oleh asisten Hitler, Albert Bormann.

Berdasarkan teks pada surat Bormann, pemilik lukisan itu mengirimkan sebuah foto lukisan itu ke kantor Hitler, untuk mempertanyakan keaslian lukisan. Bormann menulis pada suratnya, bahwa lukisan itu merupakan salah satu karya sang pemimpin Nazi.

Lukisan itu akan ditawarkan mulai dari harga £3.600, tapi Weidler yang telah menjual beberapa lukisan Hitler dalam satu dekade terakhir, memperkirakan lukisan itu akan terjual paling murah £40.000. Dia mengatakan tidak terkejut jika harganya jauh lebih tinggi lagi.


Baca Juga:

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack
Arema FC vs Persebaya Surabaya

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Arema FC harus menelan malu usai kalah dari tim rival Persebaya. Singo Edan menyerah 0-1 pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024