Kebakaran Hutan di California, AS

Api Bergerak Seperti Obor yang Ditiup

VIVAnews - Angin yang berhembus kencang membuat api di Santa Barbara, negara bagian California, AS, terus bergerak menuju kawasan perumahan, Kamis 7 Mei 2009 waktu setempat. Keadaan ini membuat ribuan warga setempat terpaksa mengungsi.

"Kami telah memerintahkan evakuasi, sehingga 6.000 orang lagi harus mengungsi, dan membuat total pengungsi menjadi 18.000 orang," kata Sherif Santa Barbara Bill Brown.

Dinas pemadam setempat menyatakan api bergerak seperti obor yang ditiup. Pemadam menghadapi kondisi ekstrim karena api menyala di daerah yang mudah terbakar dan sulit dijangkau.

Puluhan rumah telah habis terbakar. Api semakin merajalela akibat temperatur tinggi dan kelembapan rendah. Sebanyak 1.400 pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api ini.
 
Enam bulan lalu, api juga pernah membakar 200 rumah di Santa Barbara dan Montecito. Wilayah yang terbakar itu dikenal sebagai American Riviera, rumah bintang film, mantan presiden, dan Oprah Winfrey.

Para pemadam masih belum dapat mengendalikan api dan mereka kini bersiaga untuk menghadapi sundowner, angin kencang dari gunung Santa Ynez yang berada di dekat Santa Barbara.

Kepala dinas pemadam Santa Barbara, Tom Franklin, mengatakan angin sundowner itu belum  berhembus hingga Kamis malam (Jumat pagi WIB). Namun dia memperingatkan warga untuk tetap waspada karena api masih tetap merajalela. (AP)

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024