Argentina Beli Jet Tempur China yang Bisa Gempur Falkland

Ilustrasi JF-17 Thunder
Sumber :

VIVA.co.id - Argentina akan membeli pesawat-pesawat tempur modern dari China, yang dapat digunakan untuk menggempur kepulauan Falkland, sebagai bagian dari kemitraan strategis dengan Beijing.

Dikutip dari laman Express, Senin 16 Februari 2015, langkah itu merupakan tindak lanjut atas kunjungan tiga hari Presiden Kristina de Kirchner ke Beijing, pada pekan lalu.

Pada kunjungan itu disepakati 15 perjanjian ekonomi, termasuk investasi keuangan yang signifikan untuk memperkuat perekonomian Argentina. Negara di Amerika Latin itu juga akan menerima 20 jet tempur termodern.

Kristina berulang kali memicu kekhawatiran Inggris, dengan usahanya menggalang dukungan politik internasional, agar kepulauan Falkland dikembalikan pada Argentina.

China telah menjanjikan lebih dari £162 miliar, atau hampir Rp3.200 triliun dalam bentuk investasi untuk Amerika Latin, hingga lima tahun mendatang. Beijing juga akan menghapus utang bernilai jutaan dolar.

Kebijakan China itu akan sangat menguntungkan bagi negara-negara seperti Argentina, untuk membangun kembali perekonomian. Perangkat militer juga akan termasuk dalam paket keuangan bagi Argentina.

Kesepakatan itu menjadi jalan keluar bagi Argentina, yang berusaha memperkuat angkatan udaranya dalam 18 bulan terakhir, dengan mempertimbangkan pembelian pesawat dari Israel, Spanyol, dan Rusia.

Pada kelompok kerja yang dibentuk oleh kedua negara, Beijing setuju memasok sekitar 20 FC-1/JF-17 Thunder buatan Chengdu Aircraft Corporation, yang memiliki kecepatan Mach 1,8.

Pesawat itu dapat menempuh jarak 850 mil, yang memungkinkan penerbangan pulang pergi dari pangkalan udara Tierra del Fuego di Argentina ke Port Stanley di Falkland. (asp)

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Simak Juga:


Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Super Tucano

5 Pesawat Serang Paling Mematikan Tahun 2015

Semua pesawat ini khusus menyerang pasukan musuh dalam situasi taktis.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2015