Italia Beri Kemudahan Beasiswa untuk Mahasiswa RI

Ilustrasi
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Kesempatan Kuliah Bebas Biaya di Inggris
- Italia yang terkenal dengan sekolah
fashion
Trik Agar Lolos Beasiswa Chevening ke Inggris
nya ternyata menyediakan kemudahan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi strata dua dan strata tiga di sana. 

DPR Berharap Italia Bantu Visa Schengen
Sekolah di Italia memungut biaya sekolah sesuai dengan penghasilan orangtua mahasiswanya.

"Jadi, biaya kuliah di Italia sesuai dengan penghasilan orang tua per tahunnya," ujar Kepala Kantor Uni-Italia, Kedutaan Besar Italia, Marco Calvi dalam acara open house terkait promosi Kedubes Italia bekerja sama dengan Institusi Italiano di Cultura, Jakarta Pusat, Sabtu 8 Agustus 2015.

Namun, banyak jalur beasiswa terbuka di Italia, seperti beasiswa dari universitas, maupun dari pemerintah Italia dan pemerintah Indonesia sendiri. 

Penerima beasiswa dari pemerintahan dan universitas Italia pun diprioritaskan bagi yang kurang mampu.

"Tapi, mahasiswa Indonesia harus memenuhi syarat-syarat dari kami," ujar Marco.

Ada yang unik dari syarat bagi penerima beasiswa yang ditawarkan pemerintah Italia, yaitu harus menguasai dan fasih berbahasa Italia. 

Adapun fasilitas yang diberikan pemerintahan Italia adalah bebas biaya tempat tinggal dan makan di kantin, serta bebas biaya kuliah.

"Beasiswa dari pemerintah Italia dan dari universitas bisa didapat ketika sudah berada di sana, dan kemudian persyaratan diurus," ujar Marco.

Untuk syarat bagi penerima beasiswa universitas, kata Marco, tergantung pada masing-masing universitas.

Tahun lalu, jumlah WNI yang sekolah di Italia berjumlah 210 orang. Tahun ini, kata Marco, sebanyak 50 lebih warga negara Indonesia (WNI) akan melanjutkan studi di Italia. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya