Indonesia-India Kuatkan Kerja Sama Energi dan Budaya

JK dan Wakil Presiden India, Mohamad Hamid Ansari.
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden India Mohammad Hamid AnsariĀ  melakukan pertemuan bilateral secara tertutup. Pertemuan tersebut secara khusus membahas sejumlah kerja sama antara Indonesia dan India.

Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari mengatakan Indonesia dan India telah berbagi posisi pada isu global maupun regional. Misalnya isu perubahan iklim dan keamanan maritim, serta pembebasan laut di Laut Cina Selatan.

Melalui kunjunganya, Indonesia dan India akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama di sektor energi baru dan terbarukan.

"Kerja sama ini penting karena India dan Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar masing-masing 35 persen dan 29 persen pada tahun 2030," ujar Mohammad Hamid Ansari usai penandatanganan MoU di Sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 2 November 2015.

Selain sektor energi, Indonesia dan India juga menandatangani nota kesepahaman untukĀ  bekerja sama di sektor kebudayaan.

Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh

Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan legal framework untuk kerjasama kebudayaan secara khusus di bidang bahasa, literatur, film, sejarah, arkeologi, dan antropologi.

Terkait hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia dan India memiliki hubungan yang sangat baik di bidang sosial, peradaban, kultural, dan politik selama lebih dari 60 tahun. Indonesia juga ingin meningkatka kerja sama dengan India di bidang ekonomi dan perdagangan.

"Karena itu kunjungan beliau sangat berarti," ujar Jusuf Kalla pada kesempatan yang sama.

Warga India selfie bareng singa

Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta

Padahal sudah ada larangan. Tetap saja ada yang nekat.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016