KTT APEC Dimulai, 21 Pemimpin Asia Pasifik Tiba di Filipina

Presiden Barack Obama tiba di Manila, Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Erik de Castro
VIVA.co.id
Obama: Trump Tak Layak Jadi Presiden
- Sebanyak 21 pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik dilaporkan mulai berdatangan ke Manila, Filipina untuk menghadiri KTT APEC. Salah satu pemimpin yang terlihat telah menjejakkan kaki di Bandara Internasional Ninoy Aquino adalah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. 

Obama Siap Antar Hillary Jadi Presiden AS
Stasiun berita Channel News Asia, Selasa, 17 November 2015, melansir Obama tiba di Manila usai sebelumnya menghadiri KTT G20 di Antalya, Turki. Selama pertemuan dua hari itu, isu mengenai perang sipil yang telah berlangsung selama 4,5 tahun mendominasi. 

Messi Kasih Kado Spesial untuk Putri Obama
Pertemuan pemimpin APEC baru akan dimulai pada Rabu esok. Kendati pertemuan tersebut difokuskan untuk membahas mengenai dukungan adanya persatuan dalam bidang perdagangan, tetapi isu terorisme dan kekisruhan di satu regional tertentu diduga akan mendominasi agenda. Terlebih pada Jumat pekan lalu, Paris baru saja menjadi lokasi tindak terorisme dan menewaskan 129 orang. 

Untuk mengamankan lokasi, pejabat berwenang Filipina telah mengerahkan lebih dari 20 ribu petugas keamanan. Tingkat pengamanan bahkan kian diperketat karena adanya serangan di Paris.

Isu sensitif lainnya yang akan dibahas pada pekan ini yaitu mengenai upaya Tiongkok yang ingin menguasai teritori Laut Tiongkok Selatan. Sebelumnya, Tiongkok mengklaim sebagian besar area tersebut merupakan teritori mereka. Tetapi, klaim itu tumpang tindih dengan beberapa negara anggota APEC seperti Filipina, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Taiwan. 

Filipina yang diketahui merupakan salah satu negara yang paling keras mengkritik klaim Tiongkok itu, berjanji akan menjadi tuan rumah yang sempurna bagi Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Xi dipastikan akan tiba di Manila pada hari ini, usai menghadiri KTT G20 di Turki. 

Walaupun berupaya agar tidak membuat kekisruhan, tetapi Presiden Filipina, Benigno Aquino terlihat akan memanfaatkan kesempatan pertemuan tingkat tinggi APEC agar bisa menggalang dukungan dalam menghadapi Tiongkok. Salah satu negara sekutu yang dipegang kuat Filipina dalam menghadapi Tiongkok adalah Amerika Serikat. 

Sebelum menghadiri KTT, Obama dijadwalkan akan melakukan tur ke kapal milik Angkatan Laut Filipina, Gregorio del Pilar. Kapal militer tersebut diketahui buatan Negeri Abang Sam dan tengah berpatroli di Teluk Manila. 

Salah satu orang kepercayaan Obama mengatakan, tujuan tur kapal militer tersebut untuk menunjukkan komitmen AS dalam memberikan keamanan maritim di kawasan Asia Pasifik. Kendati begitu, topik apa pun mengenai Laut Tiongkok Selatan yang kemungkinan diangkat di forum APEC, jelas akan membuat Tiongkok jengkel. 

Mereka telah mengatakan fokus APEC harus tetap pada pembahasan isu perdagangan. Tiongkok juga telah berulang kali mengatakan Negeri Paman Sam tidak memiliki peranan apa pun dalam isu sengketa lahan itu.

Sementara, kehadiran Indonesia dalam pertemuan APEC kali ini malah diwakilkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ini merupakan kali pertama dalam 11 tahun keikutsertaan APEC, RI diwakilkan oleh Wapres. 

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir yang memberikan keterangan pers pada Kamis pekan lalu, alasan JK yang menghadiri KTT APEC, lantaran Jokowi ingin berbagi tugas usai dia menghadiri KTT G20 di Turki. 

"Indonesia setiap tahun selalu mengikuti APEC dan membawa delegasi terkait. Selain Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri juga akan ikut mendampingi Wapres," kata Arrmanatha. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya