Pemerintah Iran Penjarakan Kartunis

Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pemerintah Iran menangkap dan memenjarakan seorang kartunis. Ini menambah daftar panjang jurnalis, artis, dan aktivis Iran yang ditangkap dengan alasan keamanan.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

Hadi Heidari, seorang kartunis yang bekerja untuk koran Shahrvand, ditangkap pada Senin, 16 November 2015. Heidari kini dipenjara di Evin, Teheran. "Ia dituntut dua tahun penjara, karena karyanya, namun akhirnya dijatuhi hukuman satu tahun penjara. Pihak berwenang memiliki interpretasi yang berbeda dengan kartun yang ia buat," kata Saleh Nikbath, pengacara Heidari, seperti dikutip dari alarabiya.net, Selasa, 17 November 2016.

Tak jelas apa alasan penangkapan Heidari. Banyak pihak menduga, penangkapan itu bukan karena karya Heidari, namun terkait dengan aktifitas Heidari yang bergabung dengan "Jaringan Infiltrasi" yang diduga memiliki hubungan dengan kekuatan asing.

AS dan Israel Bahas 'Pengiriman' Virus Stuxnet ke Iran

Heidari mempublikasikan karya kartunnya yang menunjukan solidaritas pada Beirut dan Paris setelah dua kota tersebut menjadi sasaran serangan teroris yang dilakukan ISIS, pekan lalu. Namun menurut sebuah sumber, penangkapan Heidari tak ada hubungannya dengan hal tersebut. Bahkan pemerintah Iran juga ikut mengutuk keras serangan tersebut.

Selain Heidari, pemerintah Iran juga menangkap dan memenjarakan sejumlah aktivis, jurnalis, kartunis. Tak jelas apa alasan penangkapan tersebut. Namun, tuduhan yang sering dilontarkan selalu dikaitkan dengan karya-karya mereka.

Babak Baru Hubungan Turki-Iran

(mus)

lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016