Australia Kutuk Peluncuran Roket Balistik Korea Utara

Sumber :
  • REUTERS/Sean Davey

VIVA.co.id - Korea Utara terus mengancam perdamaian dan keamanan kawasan dan dunia, dengan peluncuran misil jarak jauh kemarin.

11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet
Pemerintah Australia mengutuk tindakan provokatif dan berbahaya rezim Korea Utara yang terus-menerus melanggar banyak resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang larangan pengujian misil balistik dan senjata nuklir.
 
Terungkap, Ramalan Cuaca Setop Dunia dari Perang Nuklir
Provokasi terakhir merupakan kelanjutan tes nuklir keempat Korea Utara yang memperburuk situasi yang sudah tegang di Semenanjung Korea.
 
Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan
"Ini merupakan contoh lain rezim Korea Utara yang memilih militarisme dan isolasi dibandingkan kesejahteraan rakyatnya sendiri," kata Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, dalam siaran resmi yang diterima VIVA.co.id, Senin, 8 Februari 2016.
 
Bishop melanjutkan, pemerintah Australia menyerukan kepada rezim Korea Utara untuk menghentikan perilaku provokatifnya dan berkiprah membangun dengan masyarakat internasional.
 
Australia, Bishop melanjutkan, akan menyampaikan keprihatinannya secara langsung kepada Korea Utara maupun di forum internasional dan kawasan.
 
"Korea Utara harus bertanggung jawab atas provokasinya dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa harus memberikan tanggapan keras," tegas Bishop.
 
Australia, kata Bishop, akan ikut terlibat langsung dalam kerja sama menciptakan perdamaian dan stabilitas di Asia Utara.
 
"Kami akan terus bekerja sama dengan para sahabat dan mitra kami di kawasan, termasuk Republik Korea, Jepang dan Tiongkok, untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas di Asia Utara," kata Bishop.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya