Wanita Keturunan Jawa Terpilih Jadi Wali Kota di Kaledonia

Corinne Voisin, Walikota La Foa, Kaledonia Baru
Sumber :
  • Dok.VIVA.co.id

VIVA.co.id - Corinne Voisin, seorang wanita keturunan Jawa, terpilih menjadi Wali Kota La Foa, Kaledonia Baru. Ia tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia dan harunya, karena terpilih menjadi pimpinan di wilayah bekas jajahan Perancis itu.

"Saya menjadi Wali Kota La Foa, bukan hanya dipilih masyarakat, tetapi juga berkat dukungan penuh seluruh anggota AICO (Association Indonesienne Centre Quest) Kembang Mawar Putih," kata Corinne, usai acara peletakan karangan bunga mengenang 120 tahun kedatangan orang Jawa di Pusat Budaya La Foa, melalui keterangan resminya yang diterima VIVA.co.id, Senin 29 Februari 2016.

Ia pun bercerita, pada 1995, dirinya diajak beberapa teman keturunan Jawa untuk bergabung mempersiapkan perayaan 100 tahun kedatangan orang Jawa di Kaledonia Baru. Namun, Corinne sempat merasa ragu, karena tidak tahu apa-apa tentang Indonesia.

"Mereka justru meyakinkan saya untuk bergabung dalam Asosiasi Indonesia Kembang Mawar Putih. Di sini akan banyak kesempatan mempelajari dan mengetahui asal-usul, budaya, serta menemukan identitas sebagai keturunan Indonesia," ungkap Corinne.

Ia mengatakan, meskipun ibunya keturunan Jawa, namun Corinne mengaku kalau dirinya tidak tahu budaya Indonesia. Warisan leluhur yang diketahuinya hanya bakmi goreng. Itu pun, tidak yakin kalau mie goreng buatannya benar-benar enak.

Sebagai seorang anak 'metis', karena bapaknya campuran keturunan Kanak Melanesia dan Perancis, Corinne adalah contoh hasil asimilasi multietnik.

"Kenyataan ini secara insting telah mendorong saya untuk terbiasa hidup berdampingan bersama warga etnis lain. Ternyata, ini sebagai bekal yang sangat berharga untuk saya sebagai politisi dalam menyuarakan aspirasi membangun Kaledonia Baru," tegas wanita yang juga anggota Kongres Partai Caledonie Ensemble, loyalis Prancis itu.

Tetapi, Corinne menyoroti kiprah asosiasi ini, lantaran banyak diisi oleh generasi lanjut usia. Sementara itu, generasi muda keturunan Indonesia di La Foa banyak yang hijrah ke Noumea untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

"Tetapi, saya siap membantu membangun AICO supaya tetap eksis dan menunjukkan identitas ke-Indonesia-an," tuturnya.

Kaledonia Baru adalah negara kepulauan jajahan Prancis yang terletak di Samudera Pasifik. (asp)

Demonstrasi Tolak Pengaturan Kehamilan di Paris
 Lokasi penembakan di Resto Chez Papa, Paris, Perancis

Tembak-tembakan di Paris, Satu Korban Terluka

Dugaan sementara bukan aksi teroris, penembakan di tempat bom Paris.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016