Kunjungan PM Jepang ke Rusia Tak Bahas Sengketa Kuril?

Kepulauan Kuril yang disengketakan Jepang dan Rusia.
Sumber :
  • Atlas Obscura

VIVA.co.id - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Sochi, Rusia pada 6 Mei 2016. Abe direncanakan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kala Pasukan Khusus Rusia 'Berguru' pada Sekte Tua

Namun, menurut sumber diplomatik, kedua pemimpin itu hanya membahas isu-isu yang tengah hangat diperbincangkan di dunia, dan tidak membahas isu sensitif seperti sengketa Kepulauan Kuril.

Mengutip situs Sputniknews, Rabu, 6 April 2016, sumber ini juga mengungkapkan, pada awalnya, kedua pemimpin akan melakukan penandatanganan perjanjian perdamaian atas pulau sengketa.

Namun, kata sumber tersebut, kunjungan Abe bersifat informal, sehingga tidak ada dokumen apa pun yang akan ditandatangani.

Sebelumnya, pada Februari, Kepala Komite Luar Negeri Rusia, Alexei Pushkov, pernah berucap kalau Moskow mengharapkan kedatangan Abe pada April atau Mei tahun ini.

Kepulauan Kuril adalah objek sengketa teritorial antara Rusia dan Jepang. Negeri Matahari Terbit itu mengklaim Pulau Kunashiri, Etorofu, Shikotan, dan Habomai adalah bagian dari teritorialnya.

Pulau yang diklaim itu terletak di antara Laut Okhotsk, Samudra Pasifik. Akibat sengketa wilayah yang berkepanjangan, status kedua negara masih mungkin memicu ketegangan.

Rusia Kirim Kapal Induknya ke Laut Mediterania
Bangkai helikopter Rusia yang jatuh di Suriah.

Jasad Militer Rusia Ditahan Militan Suriah

Mereka minta pertukaran dengan anggota yang ditahan

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016