Jurnalis Diculik Pemberontak, Presiden Kolombia Turun Tangan

Ilustrasi/Penculikan
Sumber :
  • www.osce.org

VIVA.co.id –  Seorang wartawan Spanyol yang telah bekerja di Kolombia selama hampir dua dekade dikabarkan menghilang, tak lama setelah menurunkan laporan mengenai industri obat-obatan terlarang. Sejumlah koleganya khawatir ia diculik oleh pemberontak Marxis yang beroperasi di wilayah tersebut.

Erdogan Janji Lacak Raibnya Wartawan Arab Saudi Paling Kritis di Turki

Salud Hernandez, jurnalis El Mundo dan koran lokal, menghilang dekat kota El Tarra di provinsi utara Norte de Santander. Diperkirakan bahwa Hernandez telah diculik oleh National Liberation Army (ELN), kelompok pemberontak terbesar kedua di Kolombia, yang terus menyandera orang meskipun telah berusaha melakukan perjanjian damai dengan pemerintah.

"Saya memerintahkan prioritas dan dedikasi dari angkatan bersenjata dalam mencari keberadaan wartawan Salud Hernandez," kata Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos melalui akun twitternya, dilansir dari Reuters, Senin, 23 Mei 2016.

Wartawan Media Online Diculik dan Dipukuli Polisi di Papua

Angkatan bersenjata telah diperintahkan untuk memulai operasi pencarian di berbagai daerah. Hernandez terkenal dengan kolom pendapatnya yang sangat kritis terhadap kelompok pemberontak Kolombia. Santos mengatakan tidak akan ada negosiasi sampai semua sandera dibebaskan.

Pemerintah Kolombia telah melakukan pembicaraan damai dengan kelompok pemberontak terbesar, Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC) sejak akhir 2012, dan ELN yang baru-baru ini sepakat untuk memulai pembicaraan damai dengan pemerintah.

12 Ton Kokain Disita Pemerintah Kolombia Saat Gerebek Bandar

Sebanyak 2.000 anggota ELN terus meningkatkan serangan terhadap saluran perusahaan minyak dalam beberapa bulan terakhir, ditambah dengan penculikan, sebagai upaya untuk terus menekan pemerintah. Banyak warga Kolombia yang mencurigai pembicaraan damai dengan kedua kelompok, di mana kekerasan telah menewaskan lebih dari 220.000 orang dan jutaan mengungsi selama lebih dari setengah abad.

(mus)

Ilustrasi wartawan.

Wartawan Prancis Diculik Ekstremis di Mali, Videonya Muncul

Video wartawan Prancis yang minta dibebaskan kemudian muncul. Dia dilaporkan telah diculik oleh kelompok ekstremis di Mali.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2021