Kemlu: Diplomasi Berhasil, Larangan Terbang di UE Dicabut

Pesawat Batik Air milik Grup Lion Air.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Indonesia menyambut baik keputusan Uni Eropa (UE) untuk mencabut larangan terbang bagi tiga maskapai penerbangan Indonesia yaitu Citilink, Lion Air, dan Batik Air. Keputusan ini diambil setelah pertemuan Air Safety Committee UE pada awal bulan ini.

Dubes Uni Eropa Nikmati Pilkada DKI

Larangan terbang Uni Eropa bagi maskapai penerbangan Indonesia pertama kali diberlakukan pada tahun 2007. Selanjutnya, Uni Eropa secara bertahap mencabut larangan terbang bagi beberapa maskapai penerbangan Indonesia pada tahun 2009 dan 2011 yaitu Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Indonesia Air Asia, dan Ekspres Transportasi Antarbenua.

"Keputusan untuk mencabut larangan terbang ini merupakan refleksi dari pencapaian diplomasi dan upaya-upaya Indonesia di bidang teknis untuk meningkatkan dan memperkuat keselamatan penerbangan Indonesia," demikian keterangan pers yang diterima VIVA.co.id dari Kemlu RI, Jumat, 17 Juni 2016.

Uni Eropa di Persimpangan Jalan

Pada saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Uni Eropa (Brussel) pada 21 April 2016, para pimpinan di kedua pihak membahas upaya peningkatan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa di bidang transportasi udara termasuk pembahasan mengenai kemungkinan dikeluarkannya maskapai penerbangan Indonesia dari daftar larangan terbang.

Dalam konteks kerja sama ini, UE telah mengirim tim teknisnya untuk melaksanakan on-site evaluation di Indonesia pada bulan April 2016. Sebagai tindak lanjut, otoritas Indonesia bersama dengan perwakilan dari ketiga maskapai penerbangan telah diundang pada pertemuan Air Safety Committee di Brussel pada akhir Mei-awal Juni 2016 untuk mempresentasikan kemajuan dari penanganan keselamatan penerbangan Indonesia.

UE: Penerapan Lisensi Produk Hutan Tidak Hanya untuk ASEAN

"Keputusan UE tersebut menunjukkan kepercayaan kepada otoritas dan maskapai penerbangan Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak, seperti, perluasan akses pasar bagi maskapai penerbangan Indonesia dan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan bagi konsumen Eropa," demikian tambahan dalam keterangan pers tersebut.

Salju oranye di Eropa Timur.

Aneh, Eropa Timur Diselimuti Salju Oranye

Fenomena alam ini pun dijelaskan secara ilmiah.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2018