Toleransi Umat Beragama di RI 'Ajaib' di Mata Warga Asing

Aksi Doa Bersama Umat Beragama
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Cendikiawan muslim Indonesia, Azyumardy Azra mengatakan, Indonesia memiliki keistimewaan di mata warga asing. Keberagaman dan toleransi Indonesia atas perbedaan agama, suku, budaya, dan latar belakang dianggap sebagai 'keajaiban' oleh sebagian besar warga asing.

Pesan Idul Fitri Kapolri: Dalam Perbedaan Tercipta Indahnya Toleransi

"Jika dilihat Indonesia, merupakan negara dengan lima agama yang diakui, di mana salah satunya adalah agama Islam, dengan jumlah populasi yang sangat besar. Namun, kebebasan beragama dan tingkat toleransi di Indonesia sangat baik. Semua masyarakat memiliki hak yang sama untuk beribadah," kata Azyumardi di Jakarta, Jumat 12 Agustus 2016.

Azyumardi, kemudian membandingkan dengan negara tetangga terdekat Indonesia, Malaysia. Ia mengemukakan, di Negeri Jiran, hanya ulama, atau penceramah Islam yang bisa berkhotbah dan menyampaikan ceramahnya secara terbuka di depan khalayak. Sementara itu, di Indonesia, semua orang berhak menjalankan kewajiban dan kegiatan agamanya secara terbuka.

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

"Di Indonesia, semua agama dapat menjalankan kewajibannya dengan leluasa tanpa intervensi. Mereka yang pindah agama dari Kristen ke Islam, dan sebaliknya, tidak menjadi suatu halangan. Sedangkan di Malaysia, tindakan tersebut adalah sesuatu yang dilarang dan dapat diadili secara hukum," ujarnya.

Untuk itu ia menjelaskan, keharmonisan antarumat beragama dan kebudayaan di Indonesia harus semakin ditingkatkan. Begitu pula, dengan sikap dalam menghadapi terorisme dan ekstremisme yang kini tengah menjadi ancaman berbagai negara.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Menurutnya, toleransi umat beragama di Indonesia, merupakan contoh dan teladan bagi negara-negara lain. (asp)

Mikha Tambayong dan Suami

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra untuk kedua kalinya merayakan Lebaran bersama sebagai suami istri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024