Krisis Inkubator, Bayi-bayi Baru Lahir Disimpan di Kardus

Bayi baru lahir disimpan di dalam kardus di Venezuela.
Sumber :
  • Facebook/UnidadVenezuela.org

VIVA.co.id – Partai Oposisi Venezuela, Mesa de la Unidad Democratica (MUD), merilis gambar yang menunjukkan krisis ekonomi yang melanda negeri itu berimbas ke layanan kesehatan.

Krisis Venezuela: Toko-toko Dijarah Saat Pemadaman Listrik Berlanjut

Melansir situs Mirror, Kamis, 22 September 2016, gambar yang dipublikasikan di media sosial Facebook terlihat beberapa bayi yang baru lahir sedang disimpan dalam kardus, bukan ranjang.

Terlihat bayi mungil yang masih merah terbungkus selimut berjejer di dalam kardus yang menjadi ranjang darurat. Di kaki bayi tersebut tertempel catatan medis yang ditulis dari selembar kertas.

Krisis Ekonomi Venezuela, Banyak Keluarga Tercerai Berai

MUD lalu menulis keterangan dalam foto tersebut. "Dunia menjadi tahu. Mereka (para bayi) sedang disimpan dalam kardus karena kurangnya inkubator di Rumah Sakit Dr Domingo Guzman Lander," bunyi pernyataan ini yang diunggah pada Selasa, 20 September lalu.

Menanggapi hal ini, pihak berwenang kini menyelidiki gambar yang belum diverifikasi secara independen.

Rusuh hingga Bakar Kantor Polisi, 68 Orang Tewas

"Kami sama sekali tidak membenarkan tindakan (gambar) yang diambil," kata Presiden Institute Keamanan Sosial Venezuela, Carlos Rotondaro, dalam akun Twitter-nya.

Ia juga membela sistem kesehatan negara dengan menyebut rumah sakit milik pemerintah telah merawat ratusan pasien. Menurut Rotondoro, semua rumah sakit di Venezuela telah memfasilitasi lebih dari empat ribu bayi baru lahir sejak Januari 2016.


Saat ini Venezuela sedang berjuang melawan krisis ekonomi dengan menstabilkan kebutuhan pasokan medis di tengah pemadaman listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya