Kebakaran di California Kian Meluas

VIVAnews - Asap kebakaran Lockheed, California mulai menipis pada Jumat 14 Agustus dan menunjukkan kerusakan yang disebabkan api. Luas lahan yang terbakar meningkat dari 2.800 hektare pada Kamis menjadi 4.100 hektare pada Jumat.

Ratusan pemadam baru berhasil menjinakkan lima persen api. Belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Pelaksana tugas gubernur California John Garamendi telah menetapkan keadaan darurat di County Santa Cruz, tempat api terus berkobar. Gubernur Arnold Schwarzenegger tengah berada di Massachussetts untuk menghadiri pemakaman ibu mertuanya, Eunice Kennedy Shriver.

Laman stasiun televisi CNN memberitakan bahwa Schwarzenegger dijadwalkan kembali pada Jumat dan mengunjungi lokasi kebakaran pada Sabtu 15 Agustus. Api bergerak di pegunungan Santa Cruz, 96 kilometer di selatan San Fransisko.

"Penyebab api yang mulai menyala Rabu 12 Agustus masih diselidiki," kata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran California Megan McFadden.

Juru bicara lainnya, Daniel Berlante mengatakan 675 pemadam telah dikerahkan
untuk menjinakkan api dari darat dan udara. Perintah evakuasi telah diberikan kepada warga Swanton pada Kamis kemarin. "Sebanyak 2.400 warga telah meninggalkan wilayah Swanton dan Bonny Doon," ujar dia.

Sebuah tempat penampungan telah dibangun di Gereja Vintage di Santa Cruz, 16 kilometer di selatan lokasi kebalaran. Tahun lalu, api juga berkobar di Bonny doon, memaksa 1.500 warga mengungsi.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan
Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Anies-Muhaimin

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Anies Baswedan mengatakan ada peluang Prabowo Subianto mengundang dirinya untuk melakukan pertemuan usai putusan MK karena sebetulnya hanya lawan dalam pemilu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024