Mengenal Chris Wallace, Moderator Debat Clinton-Trump

Chris Wallace, moderator debat terakhir kandidat presiden Amerika 2016
Sumber :
  • CBS News

VIVA.co.id – Dalam kebanyakan debat, kedua kandidat selalu mencuri panggung. Di debat terakhir ini, fokus tertuju ke dua kandidat, Hillary Clinton dan Donald Trump. Namun tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh siapa moderator debat kali ini.

Lady Gaga Serukan agar Presiden Donald Trump dimakzulkan

Dia adalah Chris Wallace. Pria berusia 69 tahun ini merupakan penyiar acara yang bertajuk FOx News Sunday. 

Dikutip dari CBS News, Kamis, 20 Oktober 2016, usai ditetapkan sebagai moderator debat, Wallace langsung berdikusi dengan koleganya di Fox News, Howard Kurtz. Dalam perbincangannya, Wallace menganggap jika menjadi moderator dalam debat tersebut akan terasa seperti menjadi wasit tinju kelas berat.

Calon PKS di Pilkada Depok Sembuh COVID-19 tapi Ikuti Debat Virtual

"Jika debat ini berakhir dengan sukses, semua orang akan bilang, 'Kamu melakukan pekerjaan dengan baik. Saya bahkan tidak ingat jika kamu ada di panggung itu," kata Wallace berkelakar.

Wallace memang bukan moderator pertama dalam debat kandidat ini. Namun dia merupakan moderator pertama untuk pemilu yang berasal dari Fox News. Selama ini jaringan stasiun televisi kabel itu memang belum pernah terlibat dalam pemilihan presiden AS.

Gibran Kian Pede Hadapi Debat Kedua Pilkada Solo

"Saya sangat bangga bisa mewakili FOx. Ini merupakan kali pertama seorang jurnalis dari Fox dipilh memoderatori debat kandidat pemilu," kata Wallace kepada Kurtz.

Wallace merupakan pria yang sangat berpengalaman di industri televisi. Dia bekerja selama 50 tahun di industri itu. Sebelum bergabung di Fox News pada 2003, dia pernah bergabung di ABC News selama 14 tahun. Pernah juga di NBC News sebagai koresponden Gedung Putih. Dia memulai karirnya di dunia jurnalistik di media cetak.

Pria lulusan Harvard University itu dikabarkan merupakan simpatisan Demokrat. Pemberitaan Washington Post pada 2006 lalu melaporkan Wallace telah terdaftar sebagai anggota Demokrat selama dua dekade.

"Beberapa orang berpikir jika jurnalis tidak boleh memilih. Itu pendapat yang sangat bodoh. Saya memilih dan secara profesional tidak akan berpengaruh pada pekerjaan saya sebagai peliput berita," katanya.

Yang menarik, biodata Wallace menunjukkan jika dia adalah anak dari mantan pembawa acara 60 Minutes di CBS News, Mike Wallace. Namun hubungan Wallace dengan ayahnya tidak terjalin dengan baik sampai ia remaja. Selain itu, Wallace juga memiliki ayah tiri yang juga merupakan alumni dari CBS News, mantan Direktur Pemberitaan di CBS News dan juga penyiar, Bill Leonard. Wallace menyebut Bill sebagai orang paling penting dalam kehidupannya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya