Israel Bakal Punya 50 Jet Tempur Siluman AS

F-35 Joint Strike Fighters Lockheed Martin, salah jet tempur canggih milik Israel.
Sumber :
  • www.lockheedmartin.com

VIVA.co.id – Israel akan memesan 17 unit jet tempur generasi kelima milik Amerika Serikat, F-35 Joint Strike Fighter. Rencananya, pesawat tersebut mulai dikirim pada Desember 2016.

Iran Siap Perang, Pasukan Khusus Israel Siaga di Laut Merah

Dengan demikian, Angkatan Udara Israel memiliki total 50 unit jet tempur F-35 Adir (perkasa atau mulia) yang akan ditempatkan di Pangkalan Militer Nevatim.

Mengutip pernyataan kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dari situs Channel News Asia, Senin, 28 November 2016, pesawat ini salah satu yang ditakuti dan menjadi alat tempur udara paling mematikan di dunia.

Israel Gelar Latihan Militer untuk Guncang Hizbullah

Jet tempur siluman multiperan generasi kelima buatan Lockheed Martin ini mampu menghindari radar musuh saat terbang pada kecepatan supersonik. Selain itu, F-35 dilengkapi dengan perangkat elektronik yang rumit, sehingga menyerupai komputer terbang.

Pilot juga dimanjakan dengan helm berteknologi yang dilengkapi kamera on-board. Artinya, pilot bisa "melihat" pandangan seluas 360 derajat. Teknologi ini diklaim menjadi yang pertama di dunia.

Israel Serang Suriah, Kota Allepo Digempur Rudal

Hebatnya lagi, perusahaan militer Israel, Elbit Systems, yang mengambil bagian dalam pembuatan helm tersebut serta memperoleh izin untuk memproduksi suku cadang pesawat.

Pemerintah Israel mengatakan, pembelian F-35 merupakan bagian dari paket bantuan militer AS selama 10 tahun, yang pada September 2016 disetujui oleh Presiden AS Barack Obama, dengan nilai fantastis sebesar US$38 miliar (Rp513 triliun), dan merupakan bantuan terbesar dalam sejarah Paman Sam.

Israel sebelumnya menandatangani kontrak pertama untuk membeli 19 unit F-35 pada 2010. Lalu, pada 2015, Israel kembali menandatangani kontrak untuk pembelian 14 unit jet F-35. Sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali membeli 17 unit jet tempur tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya