Warga Kulit Hitam Jadi Bos Kepolisian San Fransisco, AS

Kepala Departemen Kepolisian San Fransisco, Bill Scott.
Sumber :
  • Courtesy of Los Angeles Police Department/Handout via REUTERS

VIVA.co.id – Bill Scott, seorang deputi kepala polisi berkulit hitam dari Los Angeles, Amerika Serikat, pada Selasa, 20 Desember 2016, resmi terpilih menjadi Kepala Departemen Kepolisian San Francisco.

Polwan AS yang Tembak Daunte Wright Didakwa Melakukan Pembunuhan

Scott akan menggantikan Toney Chaplin dan diharapkan mulai bekerja pada akhir Januari 2017. Chaplin, yang juga berkulit hitam, telah menjadi pejabat sementara kepala polisi sejak Greg Suhr diberhentikan dari jabatan tersebut.

"Saya mengagumi pendekatan proaktif San Francisco untuk mereformasi setelah insiden dalam dua tahun terakhir. Saya berharap bisa melanjutkan pekerjaan ini," kata Scott, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip situs Reuters, Rabu, 21 Desember 2016.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Scott telah menjadi Polisi Los Angeles selama 27 tahun dan dipromosikan menjadi wakil kepala (deputi) polisi pada 2015. Ia akhirnya menjabat Kepala Biro Departemen Kepolisian Los Angeles Selatan, di mana Scott memiliki anak buah sebanyak 1.700 orang dan harus melindungi 640 ribu jiwa warga LA Selatan.

Masalah rasisme dan diskriminasi terhadap kelompok minoritas kulit hitam dan warga Latin makin menguat di San Francisco. Isu tersebut dipicu oleh insiden penembakan polisi terhadap seorang perempuan berkulit hitam yang diduga kabur dengan mobil curian.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Hal ini berujung pada pengunduran diri Kepala Polisi San Fransisco, Greg Suhr, atas permintaan Wali Kota Ed Lee. Presiden Barack Obama sampai menyatakan bahwa kekerasan oleh polisi adalah "masalah serius".

Obama bereaksi menanggapi pembunuhan terhadap dua warga Afro-Amerika. "Tragedi ini bukan insiden yang terisolir satu dari lainnya. Rasisme terhadap warga Afro-Amerika mengakar dalam masyarakat AS," ungkapnya, seperti dikutip situs Deutsche Welle.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya