Paus Fransiskus Izinkan Ibu Susui Bayinya di Dalam Gereja

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, kembali membuat terobosan baru. Dia mempersilakan jemaat dalam suatu ibadah di Kapel Sistina untuk menyusui bayi yang dibawa ke gereja jika perlu.

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Diberitakan oleh The Independent, Minggu, 8 Januari 2017, selama ibadah pembaptisan atas 15 anak laki-laki dan 13 perempuan, Paus menyampaikan pernyataan tersebut kepada para ibu baru.

"Upacara (baptis) ini agak panjang. Seseorang (bayi) menangis karena dia lapar. Itulah (izin menyusui) satu-satunya cara (menghentikan tangisan)," ujar Paus.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

"Kalian, para ibu, silakan menyusui tanpa rasa takut. Sama seperti saat Maria merawat Yesus," lanjut Pemimpin Tahta Suci Vatikan itu.

Ini bukan pertama kalinya Paus memberikan dukungan kepada para ibu untuk menyusui di muka umum. Pada bulan Januari tahun lalu, ia membuat pernyataan sama yang menggembirakan dalam upacara penyetaraan di Kapel Sistine.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Paus Francis bahkan mendoakan ibu-ibu yang memiliki masalah dengan menyusui. "Kami berterima kasih kepada Tuhan untuk wanita dengan susunya dan kami berdoa untuk mereka yang tidak mampu menyusui bayinya. Kami berdoa bagi mereka dan mencoba untuk membantu mereka," katanya. Menyusui terbukti membantu mengurangi obesitas anak, tingkat diabetes dan infeksi.

Pada bulan sebelumnya, ia meminta para jemaat untuk lebih toleran terhadap bayi saat berkunjung ke gereja St. Joseph di Roma.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya