Cemaskan China, AS Minta Anggaran Militer Rp100 Triliun

Kapal Induk Amerika Serikat, USS Nimitz.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Ketua Komite Senat Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, John McCain, mengusulkan anggaran baru sebesar US$7,5 miliar (Rp100 triliun) untuk mendanai pasukan AS dan sekutu di kawasan Asia Pasifik.

Mau Punya Teknologi Sakti di 2024, Ganjar Ingin Anggaran Kemenhan 1-2 Persen PDB

Langkah ini menanggapi meningkatnya ambisi China untuk menguasai kawasan tersebut, khususnya Laut China Selatan. Dana tersebut akan dikucurkan sebesar US$1,5 miliar (Rp20,04 triliun) setiap tahunnya hingga 2022.

Anggaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan stok amunisi AS di kawasan, membangun infrastruktur militer baru seperti landasan pacu, serta membantu meningkatkan kemampuan militer negara-negara sekutu.

China Umumkan Anggaran Pertahanan 2023 Sebesar Rp3,4 kuadriliun

Proposal pendanaan yang dimuat dalam Buku Putih Pertahanan (Defense White Paper) yang dikeluarkan oleh McCain pekan lalu ini berjudul 'Restoring American Power' (Mengembalikan Kekuatan Amerika). Ia dan Komite berharap proposal ini akan dibahas pada sidang anggaran yang akan diadakan pekan ini.

"Senator McCain percaya Amerika Serikat harus mempertahankan komitmennya terhadap keamanan dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik," kata Juru Bicara McCain, Dustin Walker, seperti dilansir Reuters, Selasa, 24 Januari 2017.

Letjen TNI Prabowo: Tentara Jadi Takut Perang Kalau Gajinya Dikurangi

Menurutnya, stabilitas di Asia Pasifik akan membuat postur AS lebih maju, fleksibel, ulet dan tangguh. Dana ini, lanjut Walker, akan meningkatkan operasional pembangunan militer, meningkatkan pengadaan amunisi, meningkatkan kemampuan militer negara sekutu, dan memperluas latihan militer serta kegiatan pelatihan lainnya.

Presiden Donald John Trump telah bersumpah untuk mengambil tindakan keras dengan China dan untuk membangun militer AS, meskipun tidak jelas apakah ia akan berhasil dalam mendongkrak belanja pertahanan.

Koordinator Juru Bicara BPN, Dahnil Anzhar Simanjuntak

Bantah Anies, Jubir Menhan Sebut Anggaran Pertahanan Tak Sampai Rp 700 Triliun

Dahnil menyesalkan pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang mengatakan anggaran pertahanan mencapai Rp700 triliun, karena informasi tersebut menyesatkan.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024