Kemlu Beri Pendampingan Hukum Bagi WNI yang Ditangkap FBI

Ilustrasi pelaku kejahatan
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota Houston, Amerika Serikat, memastikan akan memberikan pendampingan hukum kepada Gede Sukrantara (26) yang dibui di Kota Miami, negara bagian Florida, lantaran tersangkut kasus pencabulan terhadap gadis di bawah umur. Warga Negara Indonesia itu ditangkap Biro Penyelidik Federal atau FBI dan kepolisian setempat.

INFOGRAFIK: Menguak Kapal Pesiar Terbesar di Dunia, 5X Dari Titanic

Komunikasi dan koordinasi juga terus dilakukan dengan pihak terkait. "Sesuai dengan prosedur yang berlaku [SOP], kita telah berkomunikasi langsung dengan otoritas setempat untuk meminta akses kekonsuleran untuk memberikan pendampingan dan bantuan hukum. KJRI juga telah berkoordinasi untuk memastikan agar bantuan hukum diberikan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Rabu 25 Januari 2017.

Menurut Arrmanatha, berdasarkan informasi terakhir, proses investigasi masih terus berlangsung dan pihak berwenang masih menunggu proses ke tahap berikutnya. Seperti diketahui, Gede, seorang Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Buleleng, Bali, ditangkap pada Kamis pekan lalu oleh aparat keamanan di Miami.

Mau Rasakan Pengalaman Wisata Kapal Pesiar Kelas Dunia? Begini Caranya

Gede bekerja sebagai kru kapal pesiar MS Veendam milik Holland America Line (HAL). Ia ditangkap karena diduga terlibat kasus pencabulan terhadap seorang gadis di Negeri Paman Sam itu. yang masih berusia 15 tahun, di atas kapal berbendera Belanda tersebut.

Namun, Gede mengaku melakukan hal tersebut atas dasar suka sama suka dengan korban. Ayah korban, saat diwawancarai, menyatakan keinginannya untuk menuntut. Maka Gede ditangkap atas tuduhan pencabulan perempuan di bawah umur.

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Gede bekerja di kapal pesiar sejak Agustus 2015, dan ini adalah keberangkatannya yang pertama keluar negeri. (ren)

Azamara Cruise, bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Pelabuhan Benoa Bali kembali disinggahi kapal pesiar yang membawa ratusan wisatawan dari mancanegara. Azamara Cruise bersandar di Pelabuhan Benoa, Sabtu, 24 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024