Hutan di California Sengaja Dibakar

VIVAnews - Dinas Kehutanan Amerika Serikat (AS) menyimpulkan bahwa kebakaran yang telah menghanguskan 145.000 hektar hutan di California Selatan dan menghancurkan puluhan rumah di Los Angeles disulut dengan sengaja. Kesimpulan ini diambil setelah penyelidik memeriksa bukti forensik dari titik api di Jalan Tol Angeles Crest, sebelah utara La CaƱada Flintridge.

Sherif County Los Angeles, Lee Baca, menyatakan penyelidik belum akan mengumumkan rincian kesimpulan tersebut sebelum pelaku ditahan. Penyelidik telah menutup lokasi kejadian, Rabu 2 September 2009.

Sementara itu, Baca mengaku telah memerintahkan penyelidikan pembunuhan atas tewasnya dua petugas pemadam. Para pemadam itu meninggal dalam kecelakaan mobil saat berusaha melarikan diri dari lalapan api Kebakaran Station, Minggu 30 Agustus 2009.

"Penyelidikan dengan dugaan pembunuhan masih dilakukan. Kebakaran Station bisa jadi disulut dengan sengaja oleh seseorang yang ingin merusak atau terjadi dengan tidak sengaja akibat kelalaian," ujar Baca seperti dikutip laman harian The Los Angeles Times.

Sementara itu, sekitar 38 persen kobaran api dari lokasi kebakaran telah berhasil dipadamkan, Kamis 3 September 2009. Api telah berkobar selama lebih dari sepekan, memaksa penghuni 10 ribu rumah mengungsi. Sebagian besar dari mereka telah diizinkan pulang pada Rabu.

"Kami berusaha untuk terus memadamkan api," kata Kepala Dinas Kebakaran Hutan AS Mike Dietrich seperti dikutip laman stasiun televisi CNN.

Dietrich menyatakan satuannya berhasil mengontrol api di lingkar barat dan utara. Di sebelah timur, api bergerak menuju kawasan hutan lindung San Gabriel. Dietrich memprioritaskan agar api di sebelah tenggara tidak menyentuh kawasan jalan negara bagian 210 yang melingkupi Pasadena, Arcadia, dan Sierra Madre.

Hampir seluruh titik kebakaran terjadi di hutan dan dekat pemukiman, termasuk La Canada Flintridge, La Crescenta, dan Acton. "Situasinya semakin rumit karena api terus bergerak ke timur," ujar Dietrich.

Sejauh ini, api telah menghanguskan 64 rumah, tiga properti komersial, dan 49 fasilitas luar ruang. Negara bagian California telah menghabiskan AS$ 27 juta dalam upaya memadamkan api di Taman Hutan Nasional Angeles. Dietrich berharap dinasnya akan berhasil menjinakkan api pada 15 September.

Sebelumnya, Gubernur Arnold Schwarzenegger menyatakan bahwa pemerintah memiliki cukup anggaran untuk memadamkan kebakaran. "Meski kita menghadapi krisis ekonomi, kita akan tetap memiliki cukup dana untuk menghadapi kebakaran karena keselamatan warga merupakan prioritas utama," kata dia.

Schwarzenegger mengatakan terdapat dana cadangan sebesar AS$ 500 juta untuk keadaan darurat seperti kebakaran. Sebanyak 5.000 kebakaran telah terjadi sepanjang 2009 di California.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang
[dok. SKK Migas]

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen untuk terus meningkatkan komersialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024