Kaum Garis Keras Myanmar Tolak Kapal Bantuan Rohingya

Melihat kehidupan sehari-hari pengungsi Rohingya di kamp pengungsi.
Sumber :
  • REUTERS / Mohammad Ponir Hossain

VIVA.co.id – Kelompok garis keras Myanmar menggelar demonstrasi pada Kamis, 9 Februari lalu, menolak kedatangan kapal Malaysia yang membawa bantuan pangan bagi Muslim Rohingya.

Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

Ratusan kelompok nasionalis itu berbaris di luar Pelabuhan Thilawa, Yangon - di mana kapal bantuan Malaysia merapat sebelum berangkat kembali ke Bangladesh - untuk memprotes penggunaan istilah "Rohingya" oleh masyarakat internasional.

"Kami tidak memprotes sumbangan dari Malaysia. Tapi kami hanya memprotes penggunaan 'Rohingya'," klaim Win Ko Latt dari Jaringan Nasional Myanmar, seperti dikutip situs Anadolu Agency, Jumat, 10 Februari 2017.

Bobon Santoso Ogah Masak untuk Rohingya: Mending Masak Buat Saudara di Papua

Dalam aksi tersebut, biksu Buddha merupakan salah satu pengunjuk rasa sembari memegang bendera dan spanduk bertuliskan "Tolak Rohingya. Mereka adalah Bengali dan Kami tidak mengizinkan kata Rohingya".

Kemarin, kapal Malaysia yang membawa 2.300 ton bahan pangan bantuan kemanusiaan tiba di Pelabuhan Thilawa Yangon, di mana 500 ton pasokan untuk membantu Rohingya, kelompok Muslim minoritas yang teraniaya, di Negara Bagian Rakhine.

Imigran Rohingya Dapat Penolakan di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kalau Kita di Posisi Mereka

Kapal tersebut kemudian akan berangkat kembali ke Bangladesh hari ini. Misi kemanusiaan ini diselenggarakan oleh 1Malaysia Club dan Organisasi Dewan Konsultasi Islam Malaysia dengan kerja sama dari Turkiye Diyanet (Departemen Agama), yang didukung pemerintah Turki.

Pemerintah Myanmar tidak mengakui Rohingya sebagai kelompok etnis, dan merujuk mereka sebagai Bengali, istilah menunjukkan mereka adalah imigran ilegal dari negara tetangga, Bangladesh. (ren)

Ustaz Derry Sulaiman

Top Trending: Derry Sulaiman Siap Tampung Imigran Rohingya, Ramalan 2024 Bakal Terjadi Perang

Berita tentang kasus-kasus bunuh diri satu keluarga paling mengerikan di dunia menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang hari Kamis, 14 Desember 2023

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2023