Polisi Malaysia: Keluarga Kim Jong-nam Takkan Kami Publikasi

Jenazah Kim Jong-nam di Rumah Sakit Kuala Lumpur, Malaysia.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Kepolisian Diraja Malaysia memastikan akan melindungi dengan ketat seluruh anggota keluarga Kim Jong-nam yang dikabarkan sudah berada di negeri Jiran itu.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Namun, Malaysia tidak memberikan penjelasan mengenai kedatangan anak Jong-nam, Kim Han-sol (21). Sebab, andai kata hadir pun keberadaan mereka tidak akan diungkapkan ke publik dengan alasan keselamatan dan perlindungan.

"Kami akan memberikan perlindungan sesuai prosedur yang berlaku (SOP)," kata Kepala Polisi Selangor, Abd Samah Mat, seperti dikutip situs Channel NewsAsia, Selasa, 21 Februari 2017.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Kedatangan Han-sol untuk memastikan apakah jenazah yang tewas pada Senin, 13 Februari ini, Kim Jong-nam atau bukan. Abd Samah mengatakan jika anggota keluarga Jong-nam hadir maka mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Kuala Lumpur untuk mengidentifikasi tubuh dan kemudian memberikan sampel DNA.

Jika benar jenazah tersebut adalah Jong-nam, maka kepolisian akan menginformasikan ke Kedutaan Besar Korea Utara di Kuala Lumpur untuk segera dipulangkan. Sebelumnya, beredar rumor bahwa Han-sol berada di Malaysia.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Korea Utara telah mengklaim yang tewas bukanlah Jong-nam melainkan Kim Chol, lantaran namanya tertera dalam paspor. Saat ini, sebanyak 30 personel Pasukan Khusus Malaysia, Grup Gerak Khas, berjaga-jaga di Rumah Sakit Kuala Lumpur di mana jenazah Jong-nam berada.

Han-sol dikabarkan terbang dari Makau, China menggunakan pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan AK8321, dan akan tiba pada Senin malam, 20 Februari pukul 19.40 waktu setempat.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024