Menlu Australia Senang Makin Banyak WNI ke Negaranya

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, di Kantor Wakil Presiden RI di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Warga Negara Indonesia semakin banyak mengunjungi Australia untuk berwisata. Bagi Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, dengan banyaknya kunjungan tersebut dapat menjadi dasar bagi Australia untuk semakin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di sektor pariwisata.

Australia Latih Otoritas Bandara Ngurah Rai Deteksi Bahan Peledak

Warga Australia pun makin banyak menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata mereka. Adanya kerja sama di sektor itu bisa memberi manfaat ekonomi untuk kedua negara.

"Jutaan warga Australia mengunjungi Indonesia setiap tahun. Jumlah warga Indonesia yang mengunjungi Australia juga meningkat. Maka dari itu kami membicarakan potensi kerja sama pariwisata dengan Indonesia, dalam sebuah diskusi yang sangat positif dan hangat dengan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla," ujar Bishop di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin 6 Maret 2017.

Perdagangan Bebas Indonesia-Australia, Peternakan Lokal Terancam?

Julie menemui Wapres JK di sela-sela kunjungan kerja mewakili delegasi Australia di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 Maret 2017 hingga 7 Maret 2017.

Selain membahas rencana kerja sama di sektor pariwisata, Bishop bersama Wapres JK juga membicarakan rencana peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan diplomasi.

IA-CEPA Disepakati, Wapres JK Pede Saling Menguntungkan

Di bidang diplomasi, kerja sama itu telah berjalan antara lain dengan pembukaan kantor konsulat baru Australia di Makassar, Sulawesi Selatan dan Surabaya, Jawa Timur. Sementara di bidang ekonomi, kerja sama itu tercermin dalam negosiasi baru Kesepakatan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

"Diskusi kami (Julie dan JK) sangat konstruktif," ujar Bishop. (ren)
 

Presiden RI Joko Widodo akan bertemu PM Scott Morrison di Canbera menyusul tercapainya kesepakatan Perjanjian Perdagangan Bebas yang telah diratifikasi oleh parlemen kedua negara.

Jokowi Akan ke Australia Bawa 'Hadiah' Perdagangan Bebas

Presiden Jokowi dijadwalkan pidato di depan sidang DPR Australia.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2020