Presiden Jokowi Sambut Kedatangan Presiden Prancis

Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo, menyambut kehadiran Presiden Prancis Francois Hollande, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017. Presiden Jokowi yang mengenakan jas lengkap, langsung menyambut Presiden Hollande, di halaman depan Istana Merdeka.

Kapal Induk Prancis Merapat di Tanjung Priok

Keduanya, langsung menuju halaman Istana untuk upacara kenegaraan dan pengecekan pasukan. Lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan, diiringi dentuman meriam 21 kali.

Memasuki Istana Merdeka, Hollande mengisi buku tamu. Setelah itu, keduanya memasuki ruang pertemuan bilateral didampingi sejumlah menteri dari kedua negara.

RI dan Prancis Lanjutkan Kerja Sama Mitigasi Bencana Geologi

Seperti tamu negara yang lain, Presiden Jokowi kemudian mengajak Hollande untuk berbincang santai di beranda belakang Istana Merdeka atau yang dikenal Veranda Talk.

Sebelumnya, Direktur Eropa I dari Kementerian Luar Negeri RI, Dino R. Kusnadi, mengungkapkan kunjungan ini dilakukan Hollande setelah kunjungan terakhir Presiden Prancis ke Indonesia sekitar 30 tahun lalu.

Prancis dan Indonesia Fokus Kerja Sama 4 Bidang

Kehadiran Hollande dalam kunjungannya kali ini difokuskan unttuk penguatan kerja sama maritim dan ekonomi kreatif. "Dalam pertemuan akan dihasilkan dua hasil antara lain joint declaration on maritime cooperation dan joint declaration on creative economy. Keduanya merupakan penguatan dari strategic partnership yang saat ini memang menjadi prioritas pemerintah Indonesia," kata Dino, 23 Maret 2017.

Presiden Hollande didampingi menteri pertahanan, menteri muda digital dan inovasi, beberapa anggota parlemen serta sekitar 30 pengusaha. Rombongan ini terbilang cukup besar karena kolaborasi antara Indonesia dengan Prancis cukup erat, di bidang ekonomi maupun politik.

Kapal induk milik Prancis, BPC Dixmude

Canggihnya Kapal Induk Prancis Dixmude, Bikin Gentar Musuh

Terlibat dalam Multilateral Naval Exercise Komodo 2018.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2018