Filipina-Tiongkok Saling Kirim Pasukan ke Laut China Selatan

Kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Hubungan China dan Filipina kembali memanas. Angkatan bersenjata kedua negara saling mengirim pasukannya ke Laut China Selatan yang diklaim milik masing-masing.

SEA Games Bermasalah, Presiden Filipina Minta Maaf

Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte memerintahkan personel angkatan lautnya untuk menduduki pulau dan karang di sana.

Ia mengutarakan keinginannya untuk mengerek bendera Filipina pada 12 Juni, tepat pada hari kemerdekaan.

Cabang Duathlon Sukses Tambah Medali Emas Indonesia

Sementara, China telah menempatkan sejumlah pesawat tempurnya di Pulau Woody, bagian dari wilayah sengketa.

"Sepertinya semua pihak mencoba merebut semua pulau di sana. Jadi, mari kita awali (rebut) pulau tidak berpenghuni itu, karena mereka milik kita," kata Duterte, seperti dikutip situs BBC, Jumat, 7 April 2017.

Presiden Filipina Minta Panitia SEA Games Gratiskan Tiket Pertandingan

Selain mengirim pasukan, mantan Wali Kota Davao itu juga mengusulkan agar sejumlah barak dan logistik pendukung lainnya dibangun guna memudahkan mobilisasi pasukan.

"Kita tidak bisa menghentikan mereka, karena mereka membangun dengan keyakinan bahwa hanya mereka memiliki tempat itu. China akan menggelar perang," ungkapnya.

Direktur The Asia Maritime Transparency Initiative, Greg Poling mengungkapkan, keberadaan personel dan jet tempur China di wilayah sengketa memang bukan yang pertama.

Akan tetapi, hal ini menjadi yang pertama dalam satu tahun terakhir. "Kemungkinan besar masih ada pesawat tempur lainnya yang parkir di dalam hanggar," ujar Poling, seperti dilansir Reuters.

Namun, ia mengaku tidak mengetahui dengan pasti jumlah dan berapa lama jet tempur China itu berada di sana. Akan tetapi, Poling memastikan fasilitas militer di Laut China Selatan telah selesai dibangun.

Hingga kini, pemerintah China belum menanggapi pemberitaan tersebut. Tapi, beberapa waktu sebelumnya, Perdana Menteri China, Li Keqiang, mengatakan bahwa penempatan alutsista di perairan sengketa bertujuan untuk mempertahankan kebebasan bernavigasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya