Wapres AS 'Angkat Topi' dengan Islam di Indonesia

Pertemuan Wapres AS Mike Pence dengan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memberikan penghargaan terhadap keunikan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim yang moderat.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Dalam kunjungannya di Masjid Istiqlal, Pence mengatakan, Islam moderat di Indonesia memberikan inspirasi kepada dunia. "Dan kami bersyukur atas inspirasi yang diberikan Indonesia untuk global," katanya, seperti dikutip situs BBC, Kamis, 20 April 2017.

Ia kemudian menyamakan AS dan Indonesia, di mana agama mempersatukan bukan untuk memecah belah, sehingga memberikan harapan untuk perdamaian di masa depan.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Pence juga mengucapkan belasungkawa atas serangan teror yang terjadi pada Januari 2016 di MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang menewaskan lima orang. Teror yang berkaitan dengan kelompok ISIS itu, menurut dia, juga tidak asing bagi AS. "Di bawah pemerintahan Presiden Trump, kami dengan teguh berkomitmen untuk terus berkolaborasi menjaga keamanan warga kedua negara," ungkapnya.

Kunjungan wakil presiden ke-48 itu adalah kunjungan pertamanya sejak Trump dan dirinya dilantik pada 20 Januari 2017. Kedatangannya ke Indonesia disertai istri dan kedua putrinya.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyuguhkan Pence dan keluarganya tarian Bali sebagai perkenalan budaya Indonesia.

Ia akan bertolak ke Canberra, Australia pada Jumat, 21 April dan Honolulu, Hawaii, akan menjadi pemberhentian terakhir Pence. (mus)

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024