Repotnya Donald Trump Loloskan UU Pengganti Obamacare

Presiden Donald John Trump saat meresmikan kapal induk Gerald R Ford.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo

VIVA.co.id – Para pembantu utama Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperkirakan bahwa Parlemen pada pekan ini masih akan meminta perbaikan draf Undang Undang Sistem Kesehatan yang baru. Diketahui, mengenai UU baru yang mengatur soal jaminan kesehatan, Partai Republik di DPR AS juga terbelah menjadi dua kubu, antara yang setuju dan tak setuju.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Geedung Putih pascapimpinan Trump bersikeras mengganti sistem jaminan kesehatan sebelumnya yang dikenal dengan Affordable Care Act (ACA) atau Obamacare. Hal ini merupakan salah satu janji kampanye Trump pada masa pemilihan presiden yang mengimingi bahwa jaminan kesehatan warga Amerika akan lebih baik.

Sayangnya draf UU tersebut tak juga lolos hingga Maret 2017 sebagaimana yang diperkirakan pada awalnya seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa 2 Mei 2017.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Sementara para anggota legislatif mempertimbangkan adanya opsi yang lebih baik soal proteksi dan setara bagi warga yang sudah sakit sebelum adanya UU dan yang dimungkinkan sakit setelah adanya aturan baru. Hal ini yang dianggap belum jelas. Jadwal pemungutan suara berikutnya terkait UU baru ini juga belum ditentukan.

Trump sebelumnya tetap bersikeras bahwa UU yang baru nantinya akan bisa menanggung dengan adil warga dalam berbagai kondisi kesehatan. Sementara ada tujuh grup advokasi termasuk Asosiasi Kesehatan Jantung AS dan Asosiasi Diabetes AS yang menolak bongkar ulang UU.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Keberatan juga disampaikan Asosiasi Paramedis AS soal belum jelasnya tanggungan dan cover asuransi kesehatan oleh pemerintahan yang baru.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022