Alasan Obama Dukung Calon Presiden Macron

Barack Obama
Sumber :
  • Reuters/John Gress

VIVA.co.id – Mantan Presiden Barack Obama mendukung calon Presiden Prancis Emmanuel Macron yang akan bersaing dengan calon presiden Marine Le Pen di Pemilu Prancis, 7 Mei 2017. Macron berasal dari partai sayap tengah yang merupakan koalisi partai sosialis dan partai beraliran liberal.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

"Saya mengagumi kampanye-kampanye yang dilakukan Macron selama ini," kata Obama sebagaimana video yang dibagikan oleh Macron seperti dikutip dari laman CNN.com, Kamis 4 Mei 2017.

Obama beralasan bahwa Macron memiliki nilai-nilai liberalisme dan mampu membawa Prancis berperan tak hanya untuk Kawasan Eropa, namun juga di dunia global. Nilai-nilai globalisme ini yang membedakan Macron dengan Le Pen yang justru menginginkan Prancis keluar dari Uni Eropa.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

"Saya memang tak akan memilih di Pemilu Prancis, tak juga sedang memiliki jabatan publik pada saat ini. Namun, menyuarakan soal Pemilu Prancis dan nilai-nilai penting tentang itu perlu disuarakan," kata Obama.

Obama mengatakan bahwa dia yakin Macron akan bisa membawa negara Prancis dan rakyatnya lebih maju.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

Pernyataan dukungan dari presiden maupun mantan presiden Amerika Serikat dinilai bukan hal yang mafhum dilakukan saat menjelang pemilu. Walaupun kejadian sejenis pernah terjadi pada saat mantan Presiden AS Bill Clinton menyatakan dukungan bagi Gordon Brown yang menjadi calon perdana menteri Inggris pada 2006.

Sementara itu, Macron dan Le Pen terlibat dalam debat capres final pada Rabu lalu. Macron menurut sejumlah poll lebih unggul dibanding rivalnya.

"Harapan saya, pesan ini bisa menjadi pertimbangan bagi semua pemilih di pemilu beberapa hari lagi," kata presiden AS pertama dari kalangan Afro-Amerika itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya