Militer Jerman Geledah Atribut Nazi di Barak-barak

Poster memburu Nazi oleh Simon Wiesenthal Centre
Sumber :
  • Dok. Simon Wiesenthal

VIVA.co.id – Razia dan penggeledahan dilakukan di seluruh barak militer Jerman menyusul ditemukannya memorabilia atau simbol-simbol era Nazi di dua barak militer di negara tersebut. Kementerian Pertahanan Jerman menyatakan bahwa penggeledahan tersebut juga atas usul komandan Bundeswehr atau kesatuan tentara Jerman.

Omicron Seperti Lambang Nazi, Cek Faktanya

Di barak-barak militer akan disisir benda dan simbol-simbol yang terkait dengan Wehrmacht yaitu militer yang melayani penguasa era Nazi, Adolf Hitler, sebagaimana dikutip dari laman BBC.com, Jumat 7 Mei 2017.

Langkah ini dilakukan menyusul adanya skandal paham ekstremis kanan yang menyebabkan seorang petugas militer diketahui menyusup dan melakukan serangan dengan kedok sebagai pengungsi Suriah. Tentara yang berpangkat letnan tersebut diketahui ternyata berpaham fanatik kanan dan telah ditahan pada April silam.

Kisah 9 Perempuan yang Selamat dari Tahanan Nazi

Sementara jaksa penuntut di Frankfurt menyatakan bahwa tentara tersebut ditengarai memiliki latar belakang xenofobia yakni ketakutan berlebihan atas orang-orang dari negara dan bangsa lain.

Selain itu, sebelumnya ditemukan adanya memorabilia yang dipajang terbuka di salah satu ruangan padahal ada pelarangan simbol-simbol Nazi.

Pemburu Nazi Efraim Zuroff Tak Menyerah Mengejar Penjahat Holocaust

Sementara barak di Furstenberg di Donaueshingen juga ditemukan adanya lemari yang memajang helm-helm ala tentara Nazi.

Media Jerman Spiegel melaporkan bahwa foto-foto prajurit Wehrmacht sempat ditemukan di dinding salah satu barak. Tak hanya itu, ada juga pistol dan helm ala prajurit Nazi serta dekorasi militer. Menteri Pertahanan Jerman Ursula Von der Leyen mengatakan bahwa benda-benda tersebut ditemukan di Donaueschingen. Namun belum dianggap benda dan simbol yang harus mendapatkan sanksi sesuai hukum Jerman. Sementara simbol yang terlarang antara lain swastika.

Namun demikian, dia mengatakan tak akan menolerir benda dan hal-hal bernuansa tentara Wehrmacht yang ditemukan di barak-barak militer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya