AS Akan Libatkan China untuk Bantu Atasi Korea Utara

Situs uji coba nuklir milik Korea Utara.
Sumber :
  • Air Defense & Space/38 North

VIVA.co.id – Meski sering berseberangan pendapat dengan China, namun menghadapi kelakukan Korea Utara yang terus melakukan uji coba senjata kelas berat, membuat Amerika Serikat, mulai melirik China untuk membantunya.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

AS melihat pengaruh China pada Korea Utara, bisa memberi dampak besar untuk menyelesaikan isu nuklir Korea Utara. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Duta Besar AS untuk Penarikan Pasukan dan Senjata, Robert Wood pada wartawan, dua hari setelah Korea Utara sukses melakukan uji coba rudal.

"Saya tak sedang membicarakan berbagai macam pilihan kebijakan yang perlu, atau tak perlu kita perhatikan. Tetapi, ini yang akan saya sampaikan, saat ini kita semua terlibat memantau peningkatan tindak tanduk -politik, ekonomi, keamanan- untuk berurusan dengan tindakan provokasi yang dilakukan oleh DPRK, dan tindakan berbahaya lainnya," ujarnya dengan menggunakan anonim resmi Korea Utara, seperti diberitakan oleh Reuters, 16 Mei 2017.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

"Jadi, kita akan meningkatkan status perjanjian kita dengan China soal isu ini. China adalah kunci untuk berurusan dengan isu Korea Utara. 90 persen perdagangan DPRK dilakukan dengan China. Jadi jelas, besar sekali pengaruh China pada DPRK, dan kami akan senang sekali bisa mengajak China untuk terlibat," ujarnya menambahkan.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023