'Monas dan Masjid Istiqlal' Segera Dibangun di Ukraina

Miniature Park Ukraine
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ukraina akan membangun anjungan dan miniatur Indonesia di M. M. Gryshko National Botanical Garden dan Miniature Park di Kota Kiev, Ukraina.

Kukuhkan Pengurus BKM, Menag: Jaga Masjid dari Politisasi

Rencana pembangunan anjungan dan miniatur Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat. Hal itu dibuktikan melalui cepatnya proses pemberian izin oleh pemerintah Ukraina saat rencana tersebut diajukan oleh KBRI.

"Alhamdulillah, saya bersyukur bisa bernegosiasi dengan pihak Botanical Garden dan Kiev Miniatur Park dengan cepat. Dua minggu kami melakukan proses negosiasi, sampai kami hari ini diberikan izin," kata Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 Mei 2017.

Soal Terowongan Silaturahmi, Ma'ruf Amin: Jadi Lambang Kerukunan

Nantinya, di dua tempat tersebut akan dibangun taman yang menampilkan karakteristik yang menjadi ciri khas Indonesia, dan sejumlah miniatur objek wisata seperti Candi Borobudur, Monumen Nasional, hingga Masjid Istiqlal.

"Di lahan 0,2 hektare di Botanical Garden, cukup luas untuk dibangun sebuah taman dengan tema keanekaragaman Indonesia. Nanti akan ada rumah-rumah tradisional kita, pohon dan bunga asli dari Indonesia," ujarnya.

Ada yang Belum Dipenuhi, Mensesneg Surati Anies Soal Stasiun MRT Monas

Sementara itu, nantinya di Miniatur Park akan dibangun miniatur Borobudur, Prambanan, Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan beberapa lainnya yang kini masih dalam proses pembahasan desain.

Ditargetkan pembangunan tersebut akan selesai pada semester pertama tahun 2018. Rencananya, pembangunan itu akan melibatkan kolaborasi arsitek dari Indonesia dan Ukraina.

Botanical Garden Ukraina merupakan salah satu institusi terkemuka di Eropa dalam hal jumlah koleksi. Botanical Garden berdiri di atas lahan seluas 130 ha. Ada sekitar 3.500 taksa flora subtropis dan tropis dan menampung sekitar sekitar 14 ribu flora hidup.

Adapun Miniature Park Ukraine dibuka untuk umum pada tanggal 23 Juni 2006 di atas lahan seluas 2 ha yang terletak di Pulau Hidropark di sisi sungai Dnipro yang membelah kota Kiev. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya