Tewas karena Bela Remaja Muslim, Pria AS Digelari Pahlawan

Taliesin Myrddin Namkai-Meche, salah satu pria yang dibunuh dan disebut pahlawan
Sumber :
  • BBC/FACEBOOK/Aurora Dache

VIVA.co.id – Bentuk ungkapan belasungkawa atas tewasnya tiga pria Amerika Serikat yang melawan bigotry, para warga mengumpulkan dana sudah lebih dari US$600.000.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Taliesin Myrddin Namkai-Meche dan Ricky John Best diketahui tewas setelah membela remaja perempuan muslim yang ditindas. Tak hanya itu, rekan mereka bernama David-Cole Fletcher juga terluka parah akibat tusukan pisau.

Diketahui bahwa ketiganya sempat berusaha melawan seorang pria yang sedang melecehkan beberapa remaja perempuan yang salah satunya berhijab dengan kata-kata kasar dan bergaya bigot yaitu figur intoleran dan pembenci terhadap umat agama lain.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Jeremy Joseph tak lama sudah ditangkap dan ditahan akibat tindakan tersebut. Tersangka pembunuh itu akan disidangkan pada Selasa besok setelah melakukan perbuatan kejinya pada pekan lalu. Dia akan didakwa atas pembunuhan dua orang dan tindakan penganiayaan.

Sementara itu jaksa masih mendalami soal tindakan kekerasan verbal yang diduga dilakukannya terhadap remaja muslim.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

"Kata-katanya soal semua muslim harus mati itu masih diselidiki," demikian rilis FBI sebagaimana dilansir BBC, 28 Mei 2017.

Selain mendapatkan dukungan dana dari masyarakat, tiga orang tersebut juga diberi gelar pahlawan oleh warga Portland. Bahkan Gubernur Oregon Kate Brown dan mantan calon Presiden AS Hillary Clinton juga turut memberikan penghargaan.

Sementara Destinee Mangum (16), salah satu remaja perempuan yang dilindungi para pahlawan tersebut mengucapkan duka yang dalam.

"Saya sangat berterimakasih kepada orang-orang baik ini. Mereka bahkan tidak mengenal kami namun mau mempertaruhkan nyawa bagi saya dan teman-teman saya," kata Mangum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya