Donald Trump Berulah, Berkomunikasi Tak di Saluran Aman

Presiden Donald John Trump saat meresmikan kapal induk Gerald R Ford.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump lagi-lagi berulah. Dia dicap menimbulkan keresahan terkait masalah keamanan lantaran mendesak para pemimpin dunia untuk menghubunginya melalui ponsel pribadi.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Hal ini diketahui melanggar protokol diplomatik kenegaraan sebab percakapan antarpemimpin seharusnya menggunakan saluran komunikasi resmi kepresidenan masing-masing.

Donald Trump diduga telah memberikan nomor telepon pribadinya kepada pemimin Kanada, Meksiko dan Prancis. Dalam hal ini PM Kanada, Justin Trudeau diketahui bahkan telah menelepon Trump melalui nomor pribadi tersebut.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Gedung Putih dan kantor PM Trudeau belum mengomentari perihal pemberitaan ini. Selain itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Trump juga diketahui telah saling bertukar nomor pribadi meski belum ada laporan soal panggilan telepon antara keduanya.

"Jika Anda berbicara melalui jalur terbuka, itu berarti orang yang memiliki kemampuan akan dapat memantau percakapan melalui jalur yang terbuka itu," kata Derek Chollet, mantan penasihat Pentagon, dikutip Channel News Asia, Rabu, 31 Mei 2017.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Komunikasi antara pemimpin dunia biasanya dilakukan melalui jalur resmi yang dianggap aman dan bebas sadap. Biasanya komunikasi melibatkan peran lembaga telik sandi dan jalur telekomunikasi aman. (adi)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022