Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Diresmikan di Korsel

Peresmian kebun raya Megawati Soekarnoputri di Jeju, Korsel
Sumber :
  • KBRI Seoul

VIVA.co.id – Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir dalam peresmian kebun raya bernama Megawati Soekarnoputri di Seigeipo, Pulau Jeju, Korea Selatan. Kebun raya itu diresmikan pada Rabu, 31 Mei 2017.

Isi Surat Megawati Minta Kader Rapat Barisan Usai Bendera PDIP Dibakar

Kebun Megawati Soekarnoputri memiliki luas hingga 100 ribu meter persegi dan berada dalam sebuah lingkungan resor kesehatan dengan luas 240 ribu meter persegi. Dengan kontur tanah semi pegunungan, kebun raya Megawati terdiri atas lapangan terbuka, jalan setapak, dan hutan buatan.

Sementara itu, di tengah-tengahnya terdapat sebuah pohon yang berbunga warna merah putih yang ditanam oleh Megawati pada Maret 2013 bersama mantan Menteri Kelautan, Rokhmin Dahuri. Selain Rokhmin, dalam peresmian kebun ini juga hadir Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi.

Instruksi Megawati Kader PDIP Rapatkan Barisan Pascapembakaran Bendera

Disebutkan bahwa kebun raya ini menjadi kado dari warga Jeju kepada Indonesia menjelang hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Pada saat malam, digambarkan kabut tipis menyelimuti area Megawati Garden dan sekitarnya dengan suhu yang relatif dingin. Sementara itu, pada siang hari, terasa kehangatan sinar Matahari, sehingga sangat kondusif untuk lokasi berjalan santai.

PDIP Laporkan Tujuh Akun Media Sosial yang Hina Megawati

Megawati datang pertama kali ke kebun tersebut pada 2013 atas undangan Kim Sung Soo yang merupakan orang terkaya di Jeju. Saat itu, Mega sangat tertarik dengan konsep taman yang penuh dengan bunga dan aneka tumbuhan yang sangat lebat.

Megawati kemudian memberi masukan tentang konsep lingkungan dari kompleks yang sedang dibangun.     

Megawati Garden tak jauh dari hotel eksklusif bintang lima, WE Hotel. Kebun ini merupakan bagian resor kesehatan di Korea yang menggabungkan antara hotel, rumah sakit, dan alam.

"Terima kasih Ibu Megawati atas ide brilian dan dukungan atas konsep hotel serta lingkungannya," ujar Kim Sung Soo dalam sambutannya sebagaimana rilis dari KBRI Seoul.

Dalam pidatonya, Megawati mengaku terkejut dan terhormat atas penamaan kebun raya ini. Menurut Megawati, hal itu terjadi karena dia dan Kim Sung Soo memiliki minat yang sama yaitu menyukai alam dan tumbuhan.

"Saya selalu memotivasi pembangunan kebun raya karena akan menjadi sarana rekreasi, pendidikan, riset, dan pertumbuhan plasma nutfah. Dahulu Indonesia hanya punya lima kebun raya, namun saat ini sudah ada 32 kebun," kata Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya