05-06-1870: Konstantinopel Ludes Terbakar

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id – Hari ini pada tahun 1870 silam, dicatat tragedi kebakaran besar-besaran yang terjadi di Konstantinopel, Turki. Kota tersebut pada saat itu bisa hangus total setelah asap membubung menyelimuti kota besar yang maju di era Byzantium.

Kurikulum Islami Dinilai Bebani Kualitas Murid Sekolah di Turki

Disebutkan 3.000 rumah ludes terbakar sementara 900 orang tewas. Kebakaran besar itu awalnya tersulut di perumahan warga Armenia di distrik Valide Tchesme.

Disebutkan bahwa seorang anak kecil awalnya sedang membawa batu bara untuk keperluan memasak keluarganya. Namun bahan bakar itu jatuh ke atap rumah penduduk lainnya yang kemudian memulai kobaran api.

Ekrem Imamoglu, Oposisi Pesaing Kuat Erdogan

Wilayah yang pada saat itu banyak dihuni oleh umat Nasrani habis terbakar. Sejumlah wilayah hingga beberapa mil dari kota menuju Selat Bosphorus, juga digambarkan bagai lenyap sebagaimana dikutip dari History.com.

Pada tahun 1887, seorang penulis bernama Edmondo de Amicis lalu menuliskan soal tragedi besar ini dalam buku yang diberi judul "Constantinople". (one)

Pengakuan Eks 'Kittens' Harun Yahya: Kajian Berujung Pelecehan Seks
Aras lost his sense of hearing and his gut was torn down because of the severity of torture by pro-Turkish factions in Azaz and Afrin region. - BBC

Cerita Korban Konflik Suriah: Anakku Disiksa, Disodomi, Ususnya Robek

Turki menyatakan keamanan dan stabilitas sudah kembali.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2019