Pelaku Teror London Bercita-cita Jadi Teroris

Youssef Zaghba, salah satu teroris London Bridge. Ibunya mendukung agar anaknya tak disalatkan dan dikuburkan.
Sumber :
  • EPA/The Sun

VIVA.co.id – Youssef Zaghba, salah satu teroris London Bridge diketahui memang bercita-cita ingin menjadi teroris. Hal tersebut diketahui dari memori telepon genggamnya yang berisi foto-foto pejuang dan kegiatan ISIS.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Dilansir The Sun Inggris, Rabu, 7 Juni 2017, pria keturunan Maroko-Italia ini pernah ditangkap polisi lokal di Italia. Pada saat itu dia tanpa sungkan mengaku kepada polisi bahwa dia akan menjadi teroris.

Zaghba (22) sempat ditahan pada saat itu karena polisi mencurigainya dengan hanya memiliki tiket berangkat ke Turki dan Inggris tanpa menyiapkan tiket pulang sebagaimana pengunjung biasanya. Pihak Italia mengatakan bahwa informasi tentang Zaghba yang sempat ditahan di Bologna, telah diberikan ke sistem informasi Schengen.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Pada saat polisi memeriksa telepon selulernya dan ditemukan foto bendera dan pejuang ISIS serta video terkait jaringan teroris dunia tersebut.

Namun tak lama ditahan, dia disebutkan langsung dibebaskan karena memang Zaghba terbukti pernah tinggal di London selama lebih dari satu tahun.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Zaghba bersama Khuram Shazad Butt dan Rachid Redouane merupakan pelaku teror London yang menewaskan tujuh orang. Ketiganya melakukan penyerangan dengan mobil van dan senjata tajam dan akhirnya tewas setelah diberondong timah panas polisi. (ase)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024