Isu Beras Plastik Teror Warga India

Beras plastik/Ilustrasi.
Sumber :
  • Malaysia Chronicle

VIVA.co.id – Isu beredarnya beras yang terbuat dari plastik kembali membuat resah warga India di wilayah bagian Andhra Pradesh dan Telangana, India.

Beras Bansos Bercampur Butiran Plastik, Dugaan Sabotasenya Ngeri

Isu mulai berhembus setelah ada laporan dari seorang pelanggan warung makanan di Saroornagar, Hyderabad, yang mengaku memakan beras dari plastik di warung tersebut. Dua hari kemudian seorang pelanggan warung lain di Meerpet melaporkan hal yang sama ke polisi.

Petugas bertindak cepat dengan melakukan penggerebekan pada toko dan warung makan yang menjual beras tersebut dan menyita sampel. Proses penyelidikan dan pemeriksaan sampel masih terus dilakukan. Sementara itu, diberitakan oleh Samaa TV, rumor beredar di media sosial bahwa beras plastik dijual secara skala besar di berbagai toko di Andhra Pradesh. Isu itu memicu kepanikan warga.

Warga Cianjur Dapat Bansos Beras Bercampur Butiran Plastik

Polisi Meerpet mengatakan, mereka juga telah menerima laporan dari Ashok, seorang penduduk di Nandanavanam, yang mengeluh bahwa selama beberapa hari terakhir, dia dan anggota keluarganya telah menderita berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, sakit di tangan dan kaki. Ashok juga bercerita, Senin malam seusai pulang kerja, ia tak bisa menyantap nasi yang dimasak oleh istrinya karena nasi itu keras dan terasa aneh.

Isu merebaknya beras plastik itu terus menyebar melalui berbagai tulisan dan foto yang ramai beredar secara masif di berbagai jejaring sosial sehingga menciptakan kepanikan di Andhra Pradesh.  Meski laporan tersebut belum terverifikasi, namun pejabat di negara bagian tersebut memutuskan segera membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan.

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?
Pj Gubernur Kalbar dr. Harisson saat meninjau gudang beras Perum Bulog di Kabupaten Sintang, Kalbar

Beredar Beras Plastik di Kalbar, Pj Gubernur: Tidak Benar

Pj Gubernur Kalbar Tepis Kabar Hoaks Beras Plastik

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023