Ngeri, Apartemen 27 Lantai Terbakar Hebat

Kebakaran besar di sebuah apartemen di London Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville

VIVA.co.id – Sebuah apartemen yang berlokasi di Latimer Road, London Barat, terbakar hebat. Sejumlah penghuni dikhawatirkan masih terjebak di dalam gedung apartemen.

Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien

Diberitakan oleh BBC, Rabu, 14 Juni 2017, saksi mengatakan api mulai membakar gedung Grenfell Tower di Lancaster West Estate sekitar pukul 01.16 waktu setempat. "Sejumlah puing terlihat jatuh dari bangunan dan terdengar ledakan. Kami juga melihat orang-orang yang terluka," ujar sejumlah saksi mata kepada BBC.

Sekitar pukul 04.00 sejumlah penghuni blok terus dievakuasi. Sekitar 40 pemadam kebakaran dengan 200 petugas terus berupaya memadamkan api. Wartawan BBC, Andy Moore melaporkan seluruh blok menara telah terbakar dan ada kekhawatiran kemungkinan bangunan itu runtuh. 

Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam

"Polisi terus berusaha menghalau semua orang karena khawatir bangunan itu akan runtuh," ujarnya. Bangunan itu terbakar mulai dari lantai 10, dan terus terbakar tak terkendali.

Seorang presenter program TV Channel 4 Amazing Spaces, George Clarke, juga menggambarkan kengeriannya. Kepada Radio 5 Live, ia mengatakan dirinya tertutup abu. "Saya berada 100 meter dari lokasi, dan saya tertutup abu. Ini sangat memilukan. Saya telah melihat seseorang di tingkat atas berusaha meminta tolong, dan  mereka jelas tak bisa keluar," tuturnya.

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92

Tim Downey, saksi mata lainnya mengatakan kepada BBC, bahwa bangunan itu "benar-benar terbakar habis. "Ini telah terbakar sampai ke intinya.”

"Kelihatannya sangat buruk, sangat buruk, saya belum pernah melihat yang seperti ini, apinya sangat besar. Seluruh bangunan hanya runtuh, hanya asap hitam yang mengepul," ujarnya.

Petugas masih berusaha menyelamatkan penghuni yang terjebak dalam apartemen 27 lantai itu. Belum jelas apakah ada korban jiwa, namun sejumlah korban cedera sudah mendapat penanganan dari petugas tim medis. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya