Rekaman Memilukan Terbakarnya Apartemen Carfell

Apartemen Grenfell, London Barat yang terbakar.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA.co.id – Lebih dari sepuluh jam petugas pemadam Inggris harus berjuang memadamkan kebakaran besar yang terjadi di Apartemen Grenfell Tower, di Jalan Latimer, London Barat.

Sejarah, Penerbangan Nonstop Perdana Australia-Inggris

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 01.16 waktu setempat, Rabu, 14 Juni 2017, menghanguskan hampir seluruh bagian gedung berlantai 27. Gedung megah itu kini hangus menghitam akibat jilatan api besar.

Kepolisian Metropolitan London mencatat, sementara ini ada enam orang yang meninggal dunia dan puluhan lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat terluka.

Biker Stephen Langitan 'Dilepas' Solo Rider Jakarta-London

"Kami bisa mengonfirmasi enam korban tewas dalam kasus kebakaran apartemen ini," ujar Polisi Metropolitan London dalam pernyataannya yang dikutip Reuters

Jumlah korban tewas itu diperkirakan akan terus bertambah, sebab diduga masih banyak korban yang terjebak di dalam bangunan, ketika kebakaran besar terjadi. 

Indahnya Masjid London Central, Saksi Sejarah Islam Inggris

Berdasarkan sejumlah video amatir yang beredar di media sosial, sempat terekam ada sejumlah orang yang masih berada di dalam gedung apartemen saat api sudah sangat besar.

Dari pantauan VIVA.co.id, dalam sejumlah rekaman video itu, terlihat penampakan bagaimana para korban berusaha menyelamatkan diri dari kobaran api. Mereka terlihat hanya bisa membuka tirai penutup jendela unit apartemennya sembari melambaikan tangan.

"Saya berharap dia dan sebanyak mungkin orang berhasil keluar dengan aman," tulis @carxeco di kolom komentar pada video kebakaran yang diunggahnya di Instagram.

Dalam rekaman yang diunggahnya, terekam seorang penghuni apartemen melambaikan kain ke arah jendela, saat api sudah sangat besar. Tidak diketahui apakah orang itu selamat dalam tragedi ini. Lihat video di bawah ini:

 

I hope he and as many people as possible made it out safely. #grenfelltower #grenfell #fire #grenfellfire ??

A post shared by Are You Trully Good Tho (@carxeco) on

Jeritan anak-anak 

 

Tak hanya orang dewasa, ada juga anak-anak yang terekam melambaikan tangan meminta pertolongan dari dalam apartemen di dekat jilatan lidah api.

Bahkan, dari jarak dekat dari gedung apartemen, terdengar banyak sekali jeritan-jeritan memilukan dan teriakan minta tolong dari anak-anak kecil yang terjebak di atas gedung.

Ada juga penghuni apartemen yang nekat melompat dari lantai yang cukup tinggi demi bisa menyelamatkan diri.

"Periksa keluargamu, aku mendengar orang terjebak di atas dan yang lainnya melompat keluar dari jendela," tulis akun @officialyoungton.

Lihat video ini: 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya