Klaim Rusia Tewaskan Pemimpin ISIS Diragukan

Parade militan ISIS di Raqqa, Suriah.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan Rusia menyatakan bahwa mereka menduga bahwa orang nomor satu Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS Abu Bakar al Baghdadi turut tewas dalam serangan udara yang dilancarkan Rusia dan sekutunya, Suriah, di kota Raqqa pada akhir Mei lalu.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Rusia melancarkan serangan udara di lokasi yang menurut informasi intelijen pada saat itu menjadi tempat para pemimpin ISIS sedang mengadakan pertemuan.

"Pada tanggal 28 Mei setelah drone dioperasikan untuk memastikan lokasi tempat dan waktu pertemuan petinggi ISIS pada pukul 00.35 dan 00.45, Rusia melancarkan serangan udara ke lokasi itu," disampaikan dalam pernyataan melalui akun resmi Kementerian Pertahanan Rusia di laman Facebook.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Dilansir Reuters, Jumat 16 Juni 2017, serangan itu menyebabkan sejumlah pentolan ISIS tewas dan sekitar 300 anggota militan ISIS kehilangan nyawa. Namun, pihak Amerika Serikat yang juga berkoalisi dengan Irak menggempur ISIS, meragukan klaim tewasnya Baghdadi.

Sementara itu, informasi waktu dan tempat pertemuan pemimpin ISIS itu menurut Rusia, pertama kali didapatkan oleh AS. Namun, kematian Baghdadi hingga saat ini belum disertai bukti sahih.

Terkuak Alasan Rusia Kecolongan Diserang ISIS, Meski Sudah Diwanti-wanti AS

Direktur Syrian Observatory for Human Rights Rami Abdulrahman meragukan klaim tersebut.

"Informasi itu meragukan karena setelah itu Baghdadi dikabarkan masih ada di Deir al-Zor, wilayah antara Irak dan Suriah," kata Rami.

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024