Unggulkan Pariwisata, RI dan Maladewa Sepakat Kerja Sama

Maldives, negara indah ini sedang dilanda krisis politik.
Sumber :
  • maldives.com

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Maladewa, Mohamed Asim di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat. Maladewa merupakan salah satu negara dengan potensi pariwisata yang besar.

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, meskipun hubungan perdagangan Indonesia dengan Maladewa kecil, namun potensi pariwisata dapat dikembangkan lebih lanjut.

"Saat ini ada 1.400 WNI yang bekerja di sektor pariwisata di Maladewa, sehingga topik pembahasan kedua Menlu adalah mengenai itu dan perlindungan WNI di sana," kata Arrmanatha di Jakarta, Selasa 20 Juni 2017.

Kemlu Berhasil Selamatkan Hak Finansial WNI di Luar Negeri Rp179 M

Arrmanatha mengatakan, saat ini nilai perdagangan antara kedua negara hanya tercatat sebesar USD 39.9 juta, di mana sebagian besar dari perdagangan tersebut  adalah surplus bagi Indonesia.

"Jumlah wisatawan Indonesia ke Maladewa tahun 2015 mencapai 3500 jadi cukup banyak. Sebaliknya wisatawan Maladewa yang ke Indonesia mencapai 1900 wisatawan," ujar Arrmanatha.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Selain membicarakan terkait kerja sama bilateral, kedua menteri luar negeri juga akan membahas perkembangan terkini mengenai situasi internasional dan global. Arrmanatha juga tak memungkiri bahwa isu terkini di Timur Tengah akan menjadi pembahasan kedua negara. (mus)

Garuda Indonesia angkut WNI yang dievakuasi dari Ukraina

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

Pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022