26-06-1963: Pidato Berapi-api JF Kennedy di Tembok Berlin

Presiden AS, John F. Kennedy
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy pada tahun 1963, berpidato di Tembok Berlin, Jerman tepat pada hari ini. Dalam pidatonya, Kennedy merespons terbelahnya antara Demokratik dan Komunis di Jerman pada saat itu, dengan memberi judul pidatonya "Ich bin ein Berliner”, atau “I am also a citizen of Berlin.”

10 Fakta Tembok Berlin Jerman yang Perlu Anda Ketahui

Pada saat itu, Kennedy mengingatkan bahwa Jerman Barat tidak akan sendiri dan merupakan bagian terpenting Jerman yang tak bisa diabaikan. Diketahui pada saat itu, masih terjadi permusuhan sengit antara Jerman Timur dan Jerman Barat.

Seperti dikutip dari laman History, Senin 26 Juni 2017, pada awal Perang Dingin, Jerman Barat yang menolak Uni Soviet, mengalami blokade dan penyetopan suplai makanan dan bahan bakar oleh negara komunis itu.

Perang-perang Yang Ada di Dunia Setelah Jatuhnya Tembok Berlin

Namun, kemudian tentara Amerika dan sekutunya mendukung Jerman Barat, dengan mengirimkan makanan, bahan bakar, dan kebutuhan sekolah melalui jalur udara yang disebut dengan "Berlin Airlift".

Sementara itu, sebagian kalangan menyebut operasi mendukung Jerman Barat tersebut sebagai Operation Vittles.

Tembok Berlin Sudah Runtuh, Eropa Kini Malah Bangun Pagar Perbatasan

Pidato Kennedy di Tembok Berlin tak hanya memberi pesan politik, namun juga bermakna strategis untuk memastikan penyebaran Komunisme yang menjadi musuh Amerika pada saat itu tidak meluas. Diketahui bahwa sebagian besar Wilayah Eropa bagian timur diinfiltrasi oleh paham Komunisme. (asp)

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

SBY Berpeluang Ketemu Megawati Jajaki Koalisi, Jansen PD: 'Tembok Berlin' Akhirnya Bisa Runtuh

Elite Demokrat merespons positif terkait rencana pertemuan SBY dengan Megawati untuk membahas kerja sama koalisi menghadapi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023