Jokowi ke Jerman, Diminta Bicara Perang Lawan Terorisme

Presiden Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, di Kota Berlin pada 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Hannibal Hanschke

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo awal bulan ini bersiap ke luar negeri lagi. Tujuan kali ini adalah Jerman, di mana Jokowi akan jadi salah satu pembicara di Konferensi Tingkat Tinggi G20 – yaitu forum pemimpin 20 negara maju dan berpengaruh, termasuk Indonesia.   

Cerita Jokowi Ogah Duduk di Pojokan Saat Pertemuan Dunia

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jokowi akan menjadi salah satu pembicara utama mengenai penanganan terorisme dalam forum G20 di Kota Hamburg, yang digelar pada 7-8 Juli 2017. Forum tahunan itu menggelar lima sesi pembicaraan. Untuk masalah terorisme, Presiden Jokowi yang menjadi pembicara utama.

"Presiden sudah diminta untuk bicara sebagai lead speaking untuk isu counter terrorism. Itu dilakukan pada saat sesi retreat. Jadi agenda pertama adalah adalah melawan terorisme dan Presiden diminta sebagai lead speaker untuk isu itu," jelas Retno usai menghadap Presiden di Istana Negara, Senin 3 Juli 2017.

Hamburg Diinvasi Seribuan 'Zombie'

Presiden Jokowi, lanjut Retno, juga akan memaparkan masalah ekonomi dan keuangan. Dalam forum G20 nanti, ada sejumlah tema yang akan diangkat Jokowi.

“Salah satunya, system ability. Yakni bagaimana mengembangkan pertumbuhan ekonomi global secara inklusif dan berwawasan lingkungan. Lalu mengenai responsibility dalam pembangunan,” ucap Retno. (ren)

Ekonomi RI Ketiga Besar G-20, Ketimpangannya Keempat Dunia
Presiden Joko WIdodo

Jokowi: RI Negara Besar, Jadi Setop Minta Bantuan Asing

Indonesia sudah masuk negara ekonomi besar dunia G20.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2018