Jokowi Akan Bertemu Bilateral dengan Trump di Jerman

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Antara Foto/ Sigid Kurniawan.

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, dalam Forum G20 di Hamburg, Jerman pada 7-8 Juli 2017, Presiden Joko Widodo akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald John Trump.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pertemuan bilateral itu dilakukan di sela-sela forum, sehingga masih dicari solusi untuk mengatur waktunya saja. "Di sela-sela G20 Presiden akan melakukan beberapa pertemuan bilateral, termasuk dengan Presiden Trump," katanya di Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Pertemuan dengan Trump, memang bukanlah yang pertama. Sebab, Jokowi pernah melakukan kontak saat KTT Riyadh di Arab Saudi dan melalui sambungan telepon. Namun, untuk bilateral, kata Retno, ini yang pertama kalinya.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Tentunya baru sekali ini secara bilateral. Kita akan membahas isu-isu bilateral yang lebih luas, tidak hanya sekadar bicara konteks terorisme," tuturnya.

Selain AS, ada enam negara yang dipastikan bertemu dengan Presiden Jokowi, seperti Australia, Belanda, Norwegia, Vietnam, Spanyol, juga Korea Selatan.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Pertemuan dengan Trump direncanakan dilaksanakan pada 7 Juli, bersamaan dengan dua negara lainnya, Belanda dan Australia. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021