Abubakar Baghdadi ISIS Bersembunyi di Ibu Kota Ketiga?

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.
Sumber :
  • REUTERS/Social Media Website via Reuters TV

VIVA.co.id – Keberadaan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi hingga saat ini masih menjadi misteri. Secara terang-terangan, dia terakhir muncul ke publik pada tahun 2014 tatkala ISIS berhasil merebut Mosul di Irak dan Raqqa di Suriah.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Dua kota itu kemudian dijadikan menjadi ibu kota ISIS yang terobsesi membangun kilafah. Namun dengan makin terdesaknya ISIS beberapa waktu belakangan, keberadaan Abu Bakar al-Baghdadi menjadi pertanyaan penting.

Apalagi bulan lalu pihak Rusia menduga bahwa Baghdadi ikut tewas dalam serangan udara di Raqqa yang dilakukan atas dukungan militer Rusia. Namun kemudian Rusia tidak bisa mengonfirmasi klaim tersebut dan pihak Amerika Serikat juga meragukannya.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Para akademisi dan ahli teroris mulai menganalisis kemungkinan keberadaan Baghdadi, pentolan organisasi garis keras mantan anak buah Osama bin Laden tersebut. Disebutkan bahwa diduga kuat ISIS ternyata memiliki wilayah yang dianggap sebagai ibu kota ketiga namun sengaja tak diekspos. Daerah itu adalah Wilayat al-Furat di Provinsi Eufrat.

Hal ini dilansir BBC yang mengutip pendapat ahli dari Tahrir Institute for Middle East Policy.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Wilayah itu berada di antara Irak dan Suriah, tepatnya di antara Kota  al-Qaim dan Kota  Albu Kama. Menurut beberapa dokumen rahasia yang diterima militer Rusia maupun AS, area tersebut beberapa kali dijadikan sebagai asal tembakan atau ledakan yang diduga ulah ISIS.

Wilayah ibu kota ketiga juga dianggap cukup rentan dan tak banyak dijaga oleh militer. Pula sedikit intervensi kelompok pemberontak.

Penasihat pemerintah Irak yang juga pakar jihadis Kawasan Irak Hisham al-Hashimi menyarankan agar militer melakukan pencarian terhadap Baghdadi di wilayah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya