Kartunis Sedunia Antusias Ikut Lomba Mengejek Donald Trump

Protes terhadap pemimpin negara G-20 termasuk Trump di Jerman
Sumber :
  • REUTERS/Fabian Bimmer

VIVA.co.id – Ratusan kartunis dari berbagai negara ikut dalam kompetisi kartun dalam rangka mengejek Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Kompetisi tersebut dimenangkan oleh kartunis asal Iran, Hadi Asadi yang menggambarkan Trump menggunakan jaket yang terbuat dari Dolar dengan rambut kuning menyala.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Penyelenggara lomba kartun ini bukan kali pertama mengadakan acara sejenis. Sebelumnya kompetisi kartun juga diadakan dengan tema tentang Negara Islam atau ISIS dan tentang Holocaust.

Sementara logo ajang tahun ini adalah emblem Nazi yang dikenal dengan sebutan swastika yang pada akhirnya membuat para kartunis terinspirasi membandingkan Presiden AS tersebut dengan tokoh Nazi.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Muncul istilah Trumpisme dalam lomba yang digelar di Iran tersebut yang mengacu pada rasisme dan Nazi.

"Banyak yang menilai bahwa Trump memang mirip Hitler terlihat dari cara memperlakukan media dan para pengungsi," kata penyelenggara Masuod Shojai Tabatabaei sebagaimana dilansir BBC.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Sementara kompetisi tahun lalu yang mengangkat tema soal Holocaust mengarahkan tudingan kepada PM Israel Benyamin Netanyahu yang dianggap menjadi salah satu "pengacau". 

Penyelenggara mengatakan, kompetisi yang dihelat mereka pada umumnya ingin memperlihatkan kerap adanya standar ganda yang sering dilakukan negara-negara Barat sekaligus sebagai bentuk dukungan atas kebebasan berekspresi. (mus)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022